nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jam Operasional Perbankan Dipersingkat, Gubernur BI: Karena Kemanusiaan

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 15:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 24 20 2188330 jam-operasional-perbankan-dipersingkat-gubernur-bi-karena-kemanusiaan-Oq4xsmqXQ6.jpeg Perry Warjiyo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menegaskan jam operasional perbankan telah menyesuaikan dengan arahan pemerintah. Perbankan juga telah melakukan split jam kerja.

Menurut Gubernur BI Perry Warjiyo, perbankan mendukung sikap pemerintah untuk work from home (WFH) sehingga sejumlah strategi dilakukan. “Langkah yang ditempuh oleh perbankan ini semata-mata karena aspek kemanusiaan dan kesehatan,” tegas Perry dalam telekonferensi, Selasa (24/3/2020).

 Baca juga: Likuiditas Aman, BI Pastikan Uang yang Beredar Higienis

Kendati demikian BI memastikan transaksi keuangan dan system pembayaran berjalan lancer guna mendukung kegiatan ekonomi di Indonesia. “Kami mendukung semua pihak untuk menekan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Perry juga mengatakan saat ini pasar likuiditas dalam kondisi yang aman. BI terus berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), KSSK dan Pemerintah. “Kami sudah berkoordinasi dengan pelaku industri bagaimana kita melakukan operasi pelaksaan tugas di masing-masing pihak,” ujarnya.

 Baca juga: BI Percepat Aturan Penggunaan Rekening Rupiah untuk Investor Asing

Dengan tegas, BI memastikan sistem pembayaran berjalan dengan baik untuk mendukung kegiatan ekonomi dan keuangan. "Kami pastikan semua otoritas memastikan kami, BI dan OJK di mana pelaksanaan fungsi-fungsi tetap berjalannya pasar keuangan, jasa keuangan dan sistem pembayaran itu berjalan untuk mendukung kegiatan ekonomi keuangan," ujarnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini