nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Beberkan Alasan Tak Lakukan Lockdown

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 13:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 24 320 2188211 jokowi-beberkan-alasan-tak-lakukan-lockdown-RO0DJI8ftu.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo kembali buka suara tentang keputusan pemerintah yang tidak melakukan lockdown meskipun pandemik virus corona ini terus meluas. Sebab, dirinya menerima banyak pertanyaan dari publik tentang lockdown alias menutup total.

Menurut Jokowi, alasan tidak melakukan lock down adalah menyesuaikan dengan budaya dari masyarakat Indonesia. Selain itu, pemerintah juga mempelajari kebijakan-kebijakan dari negara lain yang sudah lebih dahulu menetapkan kebijakan lock down.

"Semua dari Kementerian Luar Negeri, lewat dubes-dubes yang ada terus kita pantau setiap hari. Sehingga di negara kita yang paling pas adalah physical distancing, menjaga jarak aman," ujarnya dalam telekonferensi, Selasa (24/3/2020).

Baca Juga: Dampak Corona, Kemensos Tingkatkan Bantuan Sembako Jadi Rp200 Ribu per Keluarga

Menurut Jokowi, setiap negara memeiliki kebijkan masing-masing. Dan biasanya kebijakan yang dibuat disesuaikan dengan kondisi negara dan kebiasaan masyarakat pada negara itu sendiri.

Dari hasil pertimbangan yang matang, pemerintah memutuskan untuk melakukan kebijakan social distancing. Menurutnya, kebijakan ini sebenarnya sudah cukup untuk membatasi penyebaran virus covid-19 karena masyarakat diominta untuk berdiam diri di rumah.

"Perlu saya sampaikan setiap negara memiliki karakter yang berbeda-beda, memiliki budaya yang berbeda-beda, memiliki kedisplinan yang berbeda-beda," kata Jokowi.

Baca Juga: Angkasa Pura dan KAI Harus Siap Rugi Akibat Virus Corona

Meskipun begitu lanjut Jokowi, pemerintah akan terus mempelajari dan mengevaluasi kebijakan tersebut. Oleh karena itu, dirinya meminta kepada masyarakat untuk disiplin dan mengikuti arahan dari pemerintah.

"Oleh itu kita tidak memilih jalan itu. Dan itu sudah saya pelajari. Saya memiliki analisa-analisa seperti ini.

Dari semua negara , ada semuanya, kebijakannya mereka apa, mereka melakukan apa, kemudian hasilnya seperti apa," kata Jokowi.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini