nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Minta Menkes Tetapkan Standar Jaminan Kesehatan Pasien Corona

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 14:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 24 320 2188260 jokowi-minta-menkes-tetapkan-standar-jaminan-kesehatan-pasien-corona-OGrJTcT1Ws.jpg Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk segera menetapkan standar pelayanan jaminan kesehatan untuk pasien virus corona (Covid-19). Standar ini juga akan sudah termasuk prosedur yang harus dilakukan untuk pasien covid-19 yang menggunakan pelayanan jaminan sosial.

Menurut Jokowi, hal ini sangat penting untuk memastikan negara hadir dalam memberikan kesehatan pada masyarakatnya. Apalagi saat ini, kondisi di dalam negeri sedang diselimuti pandemi virus corona.

"Untuk Menteri Kesehatan (Terawan Agus Putranto) segera lakukan norma standar dan prosedur yang dibutuhkan dalam rangka pelayanan jaminan kesehatan pasien Covid-19," ujar Jokowi dalam telekonferensi, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Nantinya lanjut Jokowi, dalam standar itu juga diminta untuk dicantumkan informasiyang jelas tentang kesehatan serta biaya pelayanan pasien covid-19. Selain itu, dalam standar ini juga diminta untuk ditampilkan fasilitas kesehatan yang bisa digunakan untuk melayani pasien corona.

"Baik terkait informasi fasilitas kesehatan dan biaya pelayanan, serta pendataan fasilitas kesehatan yang dapat memberikan pelayanan kesehatan akibat Covid-19. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengakui jika pembatalan kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan oleh Mahkamah Agung (MA) akan berdampak pada pelayanan kesehatan. Apalagi saat ini tengah masuknya pandemik virus corona alias Covid-19.

Oleh karena itu lanjut Jokowi, dirinya agar seluruh jajaran Menteri untuk cepat merespon keputusan MA tentang pembatalan kenaikan iuran BPJS Kesehatan ini. Sebab, dalam menghadapi virus corona ini, negara harus hadir agar pelayanan kesehatan masyarakatnya tetap bisa terjamin.

"Pembatalan kenaikan iuran BPJS Kesehatan ini tentu berpengaruh terhadap pelayanan kesehatan masyarakat terutama pasien Covid-19," kata Jokowi.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini