nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pandemi Covid-19, Rhenald Kasali: Pekerja Informal Harus dapat Resources untuk Survive

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 25 Maret 2020 15:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 25 320 2188847 pandemi-covid-19-rhenald-kasali-pekerja-informal-harus-dapat-resources-untuk-survive-s972njhfMN.jpg Tenaga Kerja. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Sektor informal atau UMKM menjadi kelompok paling rentan terdampak ekonomi karena menyebarnya virus corona atau Covid-19. Sebab, hidupnya mengandalkan perputaran uang harian.

Maka dari itu, Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali meminta pemerintah memprioritaskan kelompok ini untuk segera dibantu. Menurut Rhenald, pemerintah harus sesegera mungkin menerapkan strategi realokasi anggaran guna membantu kelompok masyarakat berpenghasilan rendah dan pekerja informal atau UMKM.

Cegah Penyebaran Virus Corona, Pusat Perbelanjaan Disemprot Disinfektan

"Masyarakat harus mendapat resources yang cukup untuk survive," ujarnya, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/3/2020)

Rhenald menyebut, dampak wabah Corona memang menghantam semua sektor usaha. Namun, pelaku usaha skala besar setidaknya memiliki daya tahan lebih kuat karena masih bisa menggunakan cadangan asetnya untuk survive di tengah turunnya permintaan.

"Dengan memprioritaskan bantuan pada masyarakat bawah, pemerintah bisa menjaga daya beli, sekaligus menggerakkan pasar. Jika permintaan barang dan jasa terjaga, pelaku usaha skala besar juga akan terbantu," jelasnya.

Bagi masyarakat, kata Rhenald, kini saatnya memperkuat kolaborasi R to R atau Rakyat dengan Rakyat. Kepedulian sosial harus digaungkan.

Penggalangan dana secara swadaya bisa dilakukan melalui komunitas maupun platform seperti Kitabisa.com dan yang lainnya. "Kita sangat butuh semangat gotong royong di saat seperti ini," katanya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini