Sri Mulyani Sebut Banyak Negara Hadapi Masalah Capital Flight

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 13:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 27 20 2189851 sri-mulyani-sebut-banyak-negara-hadapi-masalah-capital-flight-8yz0tmpvtZ.jpeg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Negara-negara G20 berkomitmen untuk mencegah terjadinya resesi ekonomi akibat virus corona atau covid-19. Salah satu yang menjadi ancaman adalah modal yang keluar alias capital flight yang dialami sejumlah negara.

“Dari kebijakan moneter, termasuk kebijakan suku bunga dan relaksasi, termasuk support likuiditas. Dari sisi nilai tukar, karena sekarang ini terjadi tadi IMF mengatakan banyak negara menghadapi masalah capital flight,” ujar Menkeu Sri Mulyani dilansir dari laman Setkab, Jumat (27/3/2020).

Baca juga: Sri Mulyani Terharu Presiden Jokowi Tetap Ikut Rapat G20 Meski Tengah Berduka

Untuk itu, Menkeu menyampaikan banyak negara emerging dan low income country akan dihadapkan pada likuiditas foreign exchange dan sekarang sedang dilakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan mendukung apa yang disebut direct swap line dari IMF kepada semua negara di dunia yang mengalami capital flight.

Baca juga:Presiden Ajak Negara G20 Perangi Covid-19 dan Atasi Pelemahan Ekonomi

Menurutnya, hal ini adalah unprecendented yang artinya belum pernah terjadi dan akan menjadi salah satu terobosan untuk mencegah negara-negara yang sebetulnya tadinya tidak mengalami masalah sekarang akan mengalami risiko dari sisi foreign exchange maupun likuiditasnya.

“Di bidang perbankan, banyak dilakukan relaksasi. Di bidang fiskal, banyak semua negara melakukan instrumen dan intervensi fiskal. Pertama, semuanya adalah berfokus kepada masalah kesehatan,” tambahnya.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini