nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China Tawarkan Pengetahuan dan Pengalaman untuk Tingkatkan Kembali Kemampuan Produksi

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 20:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 27 20 2190139 china-tawarkan-pengetahuan-dan-pengalaman-untuk-tingkatkan-kembali-kemampuan-produksi-KPHo659LVJ.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah China ingin membantu negara-negara yang saat ini masih terdampak akan virus Corona atau Covid-19. Hal ini dikarenakan China negara pertama yang telah lepas dari wabah tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani bercerita mengenai penawaran China dalam pertemuan antar kepala negara KTT LB G20. Di mana, mereka menawarkan ilmu dan pengalaman dalam menangani covid-19.

 Baca juga: Menkeu Ungkap 3 Langkah Indonesia Hadapi Virus Korona, Apa Saja?

"Termasuk juga respons untuk meningkatkan kemampuan produksinya karena banyak sekali supply chain yang selama ini ada di RRT berhenti karena mereka melakukan lockdown,” ujarnya mengutip setkab, Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Hal ini dikarenakan Presiden Xi Jinping telah menawarkan pengetahuan maupun pengalaman. Di mana, China jadi negara pertama yang menghadapi dan sekarang dalam situasi yang dianggap relatif sudah akan membaik.

 Baca juga: Sama-Sama Sentuh Rp16.000/USD, BI: Ingat 1998 Itu dari Rp2.500/USD

"Apalagi dari negara pertama dari RRT di dalam menangani Covid-19 ini,“ tambahnya.

Pertemuan extraordinary para leader G20 secara virtual ini, menurut Menkeu, menunjukkan bahwa soliditas itu sangat kuat yang didahului dengan pertemuan G20 untuk tingkat menteri dan bank sentral.

“Ini mengingatkan kejadian seperti tahun 2008-2009, jadi sebetulnya di dalam ujian yang sifatnya global dan tidak mengenal batas, G20 maupun kerja sama melalui United Nations, melalui IMF-World Bank, dan WHO menjadi sangat-sangat penting dan itu disadari oleh semua leader,” terang Menkeu.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini