nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siapkan BLT, Pemerintah Bakal Tetapkan Karantina Wilayah?

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 15:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 31 320 2191853 siapkan-blt-pemerintah-bakal-tetapkan-karantina-wilayah-8KTdTSdQYG.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah bakal segera memberlakukan kebijakan karantina wilayah untuk menangkal virus corona. Saat ini pemerintah sedang menyiapkan beberapa hal untuk mendukung kebijakan tersebut.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan ada beberapa hal yang disiapkan baik salah satunya Bantuan Langsung Tunai (BLT). Ada beberapa opsi skema penyaluran BLT yang akan dilakukan antara pemberian 40% atau hanya 20%.

“Presiden itu selalu berpikiran begini, orang susah jangan ditambah susah lagi karena mungkin beliau pernah mengalami keadaan susah waktu masih kecil dan menurut saya sangat masuk akal,” ujarnya dalam telekonferensi, Selasa (31/3/2020).

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan skema agar masyarakat betul-betul bisa menjaga jarak. Sehingga pemerintah bisa memotong rantai penyebaran virus corona ini.

Baca Juga: Begini Protokol Pencegahan Covid-19 dalam Proyek Konstruksi

“Itu masalah ekonomi. Tapi kan masalah kedua ini penularan. Nah penularan ini sangat kental dengan kalau kita tidak melaksanakan jaga jarak dengan baik,” ucapnya.

Menurut Luhut, kebijakan ini sangat penting meskipun Indonesia menjadi salah satu negara yang dampaknya tidak terlalu besar. Mengingat jika dibandingkan dengan negara lain, jumlah pasien positif corona di Indonesia masih relatif lebih rendah.

Selain itu, berdasarkan penelitian, Indonesia itu diuntungkan dari hasil penelitian, dengan temperatur yang tinggi. Hal itu membuat virus covid-19 ini relatif lebih lemah dibandingkan dengan tempat lain.

“Tapi kalau social distancing itu tidak ketat, terlalu banyak kumpul ramai ya enggak berlaku itu tadi mengenai keuntungan kita dari panas dan tadi humanity yang tinggi tadi,” kata Luhut.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini