nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

1.500 Hotel di Indonesia Tutup Gara-Gara Corona

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 06 April 2020 20:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 06 470 2195118 1-500-hotel-di-indonesia-tutup-gara-gara-corona-Ibwb92yKl6.jpg Hotel (Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Pariwisata menyebut dampak virus Corona (Covid-19) pada sektor pariwisata sudah mulai terasa. Salah satunya adalah mulai sepinya okupansi hotel yang ada di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan, hingga saat ini ada sekitar 1.500 hotel di seluruh Indonesia terpaksa tutup. Hal ini dikarenakan tak ada lagi tamu yang datang untuk berkunjung.

 Baca juga: Erick Thohir Ingin Konsolidasi Bisnis Hotel dengan BUMN, Bos AP II: Menguntungkan

"Banyak hotel tutup sementara gara-gara pandemi virus Corona ini sudah mencapai 1.500 hotel," ujarnya dalam rapat kerja dengan komisi X DPR RI, Jakarta, Senin (6/4/2020).

Menurut Wishnutama, salah satu contohnya adalah menurunnya tingkat hunian hotel di Bali. Penurunannya bahkan datang begitu cepat hanya dalam hitungan hari saja.

Pada saat pengumuman pembatasan penerbangan, tingkat hunian hotel hanya 30%. Sedangkan sejak adanya pembatasan pergerakan orang atau social distancing ini, tingkat hunian hotel hanya sekitar 5%.

 Baca juga: Tahun Politik Bisa Jadi Momentum Industri Hotel Dongkrak Okupansi

"Hari ini begitu banyak kekhawatiran karyawan di rumahkan PHK omset turun usaha merugi tingkat hunian hotel bahkan 30% kalau catatan kami bahkan sampai 5% sampai 0%," kata Wishnutama.

Selain bisnis hotel, bisnis rumah makan atau restoran juga terkena dampaknya. Tercatat restoran dan rumah makan mengalami penurunan omset sebesar 70%.

Hal itu membuat beberapa outlet harus melakukan penutupan tokonya untuk sementara. Tak hanya itu, para pelaku usaha yang menjual souvenir pun terkena dampaknya karena sepi order.

"Restoran secara konvensional sepi, pusat-pusat perbelanjaan tutup. Pedagang souvenir banyak yang harus tutup sementara," kata Wishnutama.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini