Presiden Minta Jaring Pengaman Sosial Tepat Sasaran, RT hingga Pemerintah Desa Harus Dilibatkan

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 07 April 2020 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 07 320 2195343 presiden-minta-jaring-pengaman-sosial-tepat-sasaran-rt-hingga-pemerintah-desa-harus-dilibatkan-P1wBqFV5Ha.jpg Covid-19 (Foto: Ilustrasi Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyiapkan dana Rp110 triliun untuk jaring pengaman sosial guna mengantisipasi dampak negatif virus corona alias covid 19.

Sederet program pun telah disiapkan untuk "mengamankan" masyarakat, khususnya kelas bawah. Mulai dari kartu prakerja, program keluarga harapan (PKH), listrik gratis hingga bantuan sosial khusus.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Ojek hingga Pedagang Sembako Dilibatkan dalam Penyaluran Jaring Pangaman Sosial

Presiden menegaskan, program-program ini sangat penting bagi rakyat. Untuk itu, dia menekankan agar pelaksanaannya harus betul-betul tepat sasaran.

"Data dari kelompok-kelompok penerima manfaat juga saya ingin by addres sehingga tepat dan akurat. Libatkan RT, RW dan pemerintah desa dan pemda sehingga betul-betul bantuan ini bisa tepat," jelas dia, Selasa (7/4/2020).

Dia juga meminta agar penyaluran jaring pengaman sosial ini dieksekusi sesegera mungkin, secepat mungkin. "Tepat dan cepat," cetus dia.

Baca Juga: Penyaluran Program Keluarga Harapan Dipercepat Jadi Sebulan Sekali

Mekanisme penyaluran program jaringan sosial ini juga, kata dia, harus dibuat seefisien mungkin. Untuk itu, harus digunakan cara-cara praktis tidak berbelit-belit dan menyulitkan masyarakat.

"Rancang mekanisme yang bisa melibatkan sektor usaha mikro, usaha kecil, pedagang sembako di pasar, jasa transportasi ojek sehingga ini bisa menggerakan, mengikutsertakan usaha usaha yang dibawah dan bersama sama dengan kita dan juga ekonomi di bawah ikut bergerak," jelas dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini