Erick Thohir: Kita Tidak Anti Impor

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 16 April 2020 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 16 320 2200148 erick-thohir-kita-tidak-anti-impor-pf7wpZm4TY.jpeg Kementerian BUMN (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir prihatin karena mayoritas bahan baku obat dan alat kesehatan masih impor. Namun, bukan berarti pihaknya menolak impor bahan baku obat dan alat kesehatan.

Erick menjelaskan, sebisa mungkin ketergatungan Indonesia dengan bahan baku dari luar negeri harus dikurangi. Saat ini, kata Erick, 90% bahan baku obat masih didatangkan dari luar negeri.

Baca Juga: Redam Impor Tekstil, Pemerintah Bakal Revisi Aturan

"Kalau hari ini hanya bisa 10%, tahun depan 30%, kita juga tidak anti impor, memang ada yang tidak bisa dilakukan (diproduksi dalam negeri), tapi yang bisa dilakukan harus bisa," kata Erick saat live di Instagram, Kamis (16/4/2020).

"Sangat menyedihkan kalau negara sebesar Indonesia ini 90% bahan baku industri obat dari luar, bahan baku alat kesehatan juga mayoritas dari luar negeri," kata dia.

Baca Juga: Impor RI Capai USD14,2 Miliar, Turun 15%

Dalam situasi pandemi corona, Erick mendorong agar impor tersebut dikurangi. Meskipun dia menyadari tidak semua bahan baku bisa didapatkan di Indonesia.

"Janganlah negara besar ini ada praktek yang kotor, sehingga tadi bahan baku mesti impor, jadi sekalian harus bongkar seperti itu," katanya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini