Proyeksi IMF hingga Fitch Jauh Berbeda, Kepala BKF: Ekonomi Penuh Ketidakpastian

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 20 April 2020 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 20 20 2201839 proyeksi-imf-hingga-fitch-jauh-berbeda-kepala-bpf-ekonomi-penuh-ketidakpastian-Fx02cGyJcQ.jpg Dolar (Reuters)

JAKARTA - Perekonomian dunia di tengah wabah Corona atau Covid-19 penuh ketidakpastian. Meskipun berbagai prediksi sudah diberikan, baik tiap negara maupun lembaga keuangan.

Hal ini terlihat dengan perbedaan-perbedaan prediksi lembaga keuangan yang perbedaannya terlalu signifikan. Di mana, JP Morgan memprediksi ekonomi dunia minus 1,1%, prediksi EIU ekonomi dunia minus 2,2%, Fitch prediksi melambat 1,9% dan IMF memprediksi ekonomi dunia minus 3% di 2020.

Baca juga: Skenario Terburuk Perekonomian di Mata Sri Mulyani, Ini Faktanya

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Nathan Kacaribu mengatakan, ekonomi dunia diprediksi melambat sangat signfikan. Akan tetapi, tak hanya melambat tapi juga ketidakpastian.

"Angkanya tak sama. Artinya apa? Akan melambat secara global tapi enggak tahu melambat seperti apa, penuh dengan ketidakpastian," ujarnya dalam telekonferensi, Jakarta, Senin (21/4/2020).

Baca juga: Kegelisahan Buruh Pabrik Terdampak Covid-19, Pilih Pulang Kampung Jika Di-PHK

Sementara itu, lanjutnya, ekonomi Indonesia juga dipenuhi ketidakpastian. Walaupun skenario ekonomi RI berada di 2,3% pada 2020, namun masih belum dipastikan.

Walaupun begitu, lanjutnya, Pemerintah juga melihat bahwa 2021 akan mengalami rebound. Dalam perbaikan ekonomi tersebut, dirinya pun masih meraba-raba karena ketidakpastian yang tak menentu.

"Indonesia melihat bahwa 2021 akan rebound, tapi belum tahu seperti apa reboundnya. hal itu tergantung 2020, seberapa dalam krisis di 2020," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini