Share

Pusing Tagihan Naik? Ini Tips Hemat Listrik

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 04 Mei 2020 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 04 320 2208855 pusing-tagihan-naik-ini-tips-hemat-listrik-u79GGyU1zS.jpg Listrik (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Masyarakat mengeluhkan tagihan listrik yang membengkak. Masyarakat pun menuding PT PLN (Persero) menaikkan tarif listrik untuk menutupi stimulus listrik gratis untuk pelanggan 450 volt ampere (va) dan 900 va subsidi.

Namun, hal tersebut langsung dibantah PLN. Executive Vice President Corporate Communcation and CSR PT PLN, I Made Suprateka mengatakan bahwa hingga saat ini tidak terjadi kenaikan tarif listrik. Bahkan, sejak 2017 tarif listrik masih sama.

Baca Juga: Banyak Keluhan Kenaikan, PLN Klaim Tarif Listrik Tetap Sejak 2017

Dirinya mengatakan bahwa lonjakan tarif tersebut dimungkinkan karena adanya aktivitas di rumah selama pandemi Covid-19 ini. Apalagi, kegiatan tersebut seperti bekerja, belajar dan beribadah dari rumah.

"Kalau dalam masyarakat terjadi kenaikan tagihan listrik itu mungkin karena tingginya intensitas penggunaan fasilitas listrik di dalam rumah di saat-saat kita mengerjakan tugas di rumah," katanya.

Heboh mengenai tagihan listrik yang membengkak, sebaiknya masyarakat bisa menghemat penggunaan listrik. Berikut tips menghemat listrik seperti dirangkum Okezone, Jakarta, Senin (4/5/2020).

 

1. Kontrol Suhu Udara

Menjaga suhu yang nyaman dapat dilakukan dengan hal-hal yang sederhana, yang mungkin tidak dipikirkan oleh orang-orang. Jadi, caranya pasanglah tirai di jendela yang mampu melindungi dalam keadaan dingin dan panas sekaligus.

Baca Juga: Ingin Hidup Hemat Listrik, Bisa Dimulai dari Pompa Air

Jika kamu merasa udara panas bukalah tirai tersebut dan sebaliknya. Hal ini dapat mengurangi pemakaian daya AC atau kipas angin yang berlebihan.

2. Turunkan Suhu Alat Pemanas Air

Jika kamu terbiasa dengan alat pemanas air, mulai sekarang cobalah turunkan suhu pada alat pemanas airmu. Kemudian, jika kamu pergi kerja atau tidur, matikan alat penghangat air.

Kebanyakan alat penghangat air dapat menguras hampir setengah dari tagihan listrikmu, maka mulailah menghemat dengan cara-cara di atas.

 Listrik

3. Menghemat Penggunaan Lampu

Pencahayaan adalah hal yang sangat penting di rumah. Namun, lampu juga bisa membuat tagihan listrik membengkak ketika dipakai tidak teratur.

Maka dari itu, mulailah mengontrol penggunaan lampu dengan cara mematikannya jika sudah tidak digunakan lagi. Atau bisa memang memasang timer penghemat daya, di mana ketika lampu sedang tidak digunakan, listrik akan mati dengan sendirinya.

Selain itu, pilihlah bola lampu yang memang hemat daya. Untuk penggunaan di rumah pilih bola lamu jenis CFL dan LED.

4. Menghemat di Dapur

Kebanyakan wanita bisa menghabiskan banyak waktu di rumah untuk memasak, seiring dengan penggunaan listrik yang banyak. Maka perlu menghemat listrik jika kamu terbiasa memasak dengan menggunakan kompor listrik atau oven.

Sebelumnya, PLN memutuskan untuk tidak menaikan seluruh golongan tarif listrik , termasuk rumah tangga daya 900 Volt Ampere (VA) Rumah Tangga Mampu (RTM) dan di atasnya. Di mana penetepan tarif dilakukan setiap 3 bulan sekali.

Untuk itu, tarif April hingga saat ini dinyatakan tetap, yakni sama dengan periode 3 bulan sebelumnya.

“Kami pastikan saat ini tidak ada kenaikan listrik, harga masih tetap sama dengan periode tiga bulan sebelumnya. Bahkan sejak tahun 2017 tarif listrik ini tidak pernah mengalami kenaikan,” tutur Executive Vice President Corporate Communcation and CSR, I Made Suprateka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini