Share

Peringatan Mendag ke Pedagang, Jangan Jual Harga Gula di Atas Rp12.500/Kg!

Taufik Fajar, Okezone · Minggu 17 Mei 2020 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 17 320 2215425 peringatan-mendag-ke-pedagang-jangan-jual-harga-gula-di-atas-rp12-500-kg-0GCKVIumQC.jpg Mendag Agus Suparmanto (Kiri): Foto: Setkab

JAKARTA - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto turun langsung dalam Operarasi Pasar Gula untuk mengecek sendiri harga gula yang dijual pedagang. Beberapa pedagang diketahui masih menjual gula pada kisaran harga Rp17.000 per kg.

Setelah ini, para pedagang diminta tegas untuk tidak menjual gula di atas HET Rp12.500/kg. Pedagang yang masih menjual gula di atas HET tersebut akan ditindak tegas Satgas Pangan.

“Saya sengaja minta produsen untuk menjual gula langsung ke pedagang di pasar rakyat sesuai HET Rp12.500 per kg," kata Mendag Agus dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (17/5/2020).

Baca Juga: Mendag Jamin Harga Gula Rp12.500/Kg Sebelum Lebaran

Dalam masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, Mendag meminta seluruhpedagang di seluruh Indonesia agar menaati aturan pemerintah, dan lebih peduli kepada sesama.

"Bantulah dengan menyediakan barang kebutuhan pokok rakyat yang sesuai dengan harga yang ditetapkan. Jangan ada yang ingin mengambil keuntungan sepihak dengan menaikkan harga gula secara tidak wajar,” katanya.

Baca Juga: Harga Mahal, Presiden Jokowi: Gula Pasir Sampai Saat Ini Masih Saya Kejar

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) geram dengan masih mahalnya harga gula pasir di pasaran. Sebab, harga gula saat ini jauh di atas harga eceran tertinggi (HET) yang dipatok Rp12.500 per kg.

"Sampai saat ini masih Rp17.000-Rp17.500 padahal HET harusnya di Rp12.500," kata Jokowi dalam Rapat Terbatas Lanjutan Pembahasan Antisipasi Kebutuhan Bahan Pokok, Jakarta, Rabu (13/5/2020)

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Untuk itu, Jokowi akan mengejar harga gula agar bisa kembali normal jelang Lebaran dan di tengah pandemi virus corona. "Kemudian gula pasir sampai saat ini masih saya kejar," ujar Jokowi.

Jokowi ingin meminta keterangan dari menteri terkait seperti Menteri Perdagangan dan Menteri Pertanian mengenai masalah masih mahalnya harga bawang dan gula.

"Oleh sebab itu saya ingin ini dilihat masalahnya ada di mana apakah urusan distribusi, ataukah stoknya yang kurang, atau ada yang sengaja mempermainkan harga untuk sebuah keuntungan yang besar," kata Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini