China Belum Berani Patok Pertumbuhan Ekonomi karena Covid-19 Sulit Diprediksi

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 23 Mei 2020 06:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 22 20 2218204 china-belum-berani-patok-pertumbuhan-ekonomi-karena-covid-19-sulit-diprediksi-atk7wULl8C.jpg China Belum Tetapkan Target Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Perdana Menteri China Li Keqiang mengatakan, pandemi virus corona ini sulit diprediksi. Karena itu pula, China belum bisa memprediksi target pertumbuhan ekonomi tahun ini.

Hal ini pun menjadi yang pertama terjadi sejak beberapa dekade terkahir, China belum menetapkan target pertumbuhan untuk ekonominya. Tahun lalu, China menargetkan pertumbuhan di kisaran 6% hingga 6,5%.

Sebelumnya, virus Corona menjadi salah satu pukulan telah dan bersejarah baru bagi perekonomian Tiongkok. Apalagi, pemerintah China juga harus menutup sementara negarannya alias Lock Down untuk mencegah penyebaran virus corona.

PDB menyusut 6,8% pada kuartal pertama, kontraksi pertama yang dilaporkan Beijing sejak 1976. Puluhan juta orang terpaksa kehilangan pekerjaan karena pandemi, dan para analis curiga masalah pengangguran lebih besar dari yang dilaporkan Beijing.

Baca Selengkapnya: Situasi Tak Menentu, China Masih Belum Umumkan Target Pertumbuhan Ekonomi 2020

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini