Pekerja Pabrik Dinilai Aman Covid-19, Airlangga: Transportasinya yang Perlu Diatur

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 29 Mei 2020 16:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 29 320 2221626 pekerja-pabrik-dinilai-aman-covid-19-airlangga-transportasinya-yang-perlu-diatur-4cLh3DqAQ0.jpg Pabrik (Okezone)

JAKARTA - Industri padat karya terutama yang bekerja di pabrik dinilai lebih disiplin dalam menghadapi virus Corona atau Covid-19. Hal itu membuat sektor tersebut lebih aman dari virus Corona.

Namun, masih ada kendala akan menghadapi new normal di industri padat karya. Salah satunya transportasi.

 Baca juga: Menko Airlangga Sebut Pekerja Pabrik Disiplin Tak Terdampak Covid-19

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa para pekerja padat karya tersebut yang perlu dijaga adalah dari segi transportasi. Terutama, setelah mereka bekerja.

"Ini yang perlu diatur Pemda dan kementerian lembaga," ujarnya dalam special report di iNews Tv, Jakarta, Jumat (29/5/2020).

Dirinya mengatakan, Kementerian Perhubungan sudah membuat surat edaran dari setiap Direktorat Jenderal. Surat edaran tersebut mengatur antara jarak hingga waktu.

 Baca juga: Gaji dan THR Tak Cair, Perawat Bisa Mengadu ke Sini

"(Sekarang) tinggal minta koordinasi mengenai jamnya agar kegiatan itu tidak mulai bersama dan akhirnya sama. Sehingga menimbulkan penumpukan kerumunan orang," ujarnya.

Sebelumnya, Industri padat karya dinilai dapat menerapkan era new normal (Kenormalan Baru) di tengah Corona atau Covid-19. Pasalnya, dampak virus tersebut tidak terlihat di kawasan industri.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa para indutri padat karya sampai saat ini sudah menerapkan social distancing. Selain itu, penerapan protokol kesehatan sudah dilakukan dengan baik.

"Jadi rujukan di Cikarang, (kawasan industri) sangat disiplin dan tidak terdampak Covid-19," ujar Airlangga.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini