New Normal, Sri Mulyani: Tantangan yang Harus Kita Hadapi Bersama

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 02 Juni 2020 20:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 02 20 2223492 new-normal-sri-mulyani-tantangan-yang-harus-kita-hadapi-bersama-jzNcrqrfjI.jpg Sri Mulyani (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah berencana untuk hidup berdampingan dengan virus corona. Nantinya, aktivitas sosial ekonomi akan kembali dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat atau yang biasa disebut new normal.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, penerapan new normal tidaklah mudah. Sebab, ada beberapa tantangan dalam penerapan skenario penerapan new normal.

 Baca juga: Gap Stimulus Ekonomi Indonesia, Dibandingkan Singapura hingga Amerika

"Tantangan kita sekarang adalah bagaimana kita bisa membangun suatu normal baru," ujarnya dalam telekonferensi, Selasa (2/6/2020).

Apalagi hingga saat ini belum bisa dipastikan kapan vaksin diitemukan. Sedangkan masyarakat dituntut untuk tetap beraktivitas.

 Baca juga: Bos Garuda Akui Biaya Penerbangan Lebih Mahal karena PCR Test

"Selama Covid-19 belum ditemukan obat atau antivirusnya, maka kita harus mampu untuk menyeimbangkan kebutuhan untuk tetap menjaga kesehatan yang tidak boleh dinomorduakan," jelasnya.

Menurut Sri Mulyani semua negara memiliki tantangan yang tidak mudah untuk menangani covid-19. Disisi lain pemerintah juga diminta untuk mendesain kebijakan fiskal untuk penanganan covid dan pemulihan ekonomi nasional.

 

"Namun juga bisa menciptakan ruang untuk interaksi sosial dan ekonomi. Ini lah yang sedang kita siapkan," ucapnya.

Mantan Gubernur Bank Dunia itu menyebut, pemerintah akan mendesain kebijakan ekonomi dan mengelola anggaran negara dengan transparan. Namun pemerintah juga tidak melupakan akuntabilitas.

"Kita selalu berkoordinasi dalam menghadapi tantangan ekonomi dalam menghadapi pandemi dan tuntutan kehidupan normal baru," ucapnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini