Ojek Online Beroperasi Senin 8 Juni 2020, Benarkah?

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 07 Juni 2020 09:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 07 320 2225754 ojek-online-beroperasi-senin-8-juni-2020-benarkah-xupIsxaNMx.jpg Ojek Online. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengaku masih menyiapkan protokol kesehatan untuk ojek online (ojol) bisa kembali angkut penumpang di masa transisis Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Lantas apakah besok, Senin 8 Juni 2020, ojol bisa kembali beroperasi?

Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani mengatakan, untuk izin beroperasinya ojol di Jakarta bukan jadi kewenangan Kementerian Perhubungan. Menurutnya, diperbolehkan tidaknya ojol beroperasi besok, Senin 8 Juni 2020, menjadi keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga: Bawa Penumpang 8 Juni, Begini Persiapan Driver Ojol

"Saya bukan soal izin, karena aturan ada di DKI. DKI koordinasi dengan Gugus Tugas. Enggak ada izin ke kita," ujarnya, saat dihubungi Okezone, Minggu (7/6/2020).

Dia mengatakan, saat ini Kemenhub sedang membuat aturan protokol kesehatan untuk ojek online seperti apa. Namun, sekali lagi, dirinya tidak menegaskan apakah ojol bisa beroperasi besok atau tidak.

Baca Juga: Ojek Online Boleh Angkut Penumpang 8 Juni, Driver Masih Nikmati Pekerjaan Antar Makanan

"Keputusan (beroperasi Senin 8 Juni) sampai nanti yah. Ini kita lagi siapkan aturannya," tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak menyebutkan bahwa ojek online dapat beroperasi Senin 8 Juni 2020. Dirinya hanya mengungkapkan bahwa angkutan umum seperti taksi dan yang lain-lain diizinkan beroperasi dengan memperhatikan protokol Covid.

"Angkutan umum 50% kapasitas. Jadi MRT, Transjakarta, akan beroperasi dengan jam normal, headway yang singkat tapi kapasitas per gerbong 50%, kapasitas per bus 50%," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini