Menperin Minta Mendag Cabut Larangan Ekspor Masker dan APD

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 09 Juni 2020 12:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 320 2226813 menperin-minta-mendag-cabut-larangan-ekspor-masker-dan-apd-D6TIpnakg2.jpg Masker (Okezone)

JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meminta Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto untuk mencabut larangan ekspor masker dan alat pelindung diri (APD).

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) menerbitkan Peraturan Mendag Nomor 23 Tahun 2020 tentang Larangan Sementara Ekspor Antiseptik, Bahan Baku Masker, Alat Pelindung Diri, dan Masker yang ditandatangani pada 16 Maret 2020.

 Baca juga: Di Tengah Covid-19, Harga Bahan Baku Farmasi Naik 30%

"Pemerintah saat ini akan melakukan revisi peraturan Mendag tentang larangan ekspor untuk relaksasi ekspor APD dan masker," ujar dia pada telekonferensi, Selasa (9/6/2020).

Dia menjelaskan, pihaknya telah berbicara dengan Mendag dan Ketua Gugus Tugas Penanganan Wabah Corona (COVID-19) Letjen TNI Doni Monardo. Dan sudah ada kesepakatan agar ekspor masker dan APD diperbolehkan.

 Baca juga: Menperin Ingin Industri Alat Kesehatan dan Farmasi Indonesia Mandiri

"Seharusnya relaksasi aturan Mendag agar ekspor masker dan APD bisa dilakukan dan sudah rampung. Maka itu saya akan cek kepada Menteri Perdagangan karena memang kewenangan untuk mengeluarkan regulasi ini ada di beliau," tandas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini