Dapat Dana Talangan Rp8,5 Triliun, Garuda Bisa Bertahan?

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 09 Juni 2020 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 320 2227038 dapat-dana-talangan-rp8-5-triliun-garuda-bisa-bertahan-yB5ytY8MRX.jpg Garuda Indonesia (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) menerima dana talangan dari pemerintah sebesar Rp8,5 triliun. Dengan dana ini, diharapkan perseroan bisa bertahan di tengah tekanan akibat pandemi virus corona.

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Pangkas BUMN hingga Tersisa 70 Perusahaan 

Menteri BUMN Erick Thohir menilai pemberian dana talangan tersebut sangat membantu kinerja keuangan Garuda Indonesia. Di mana, selama pandemi virus corona, kondisi industri penerbangan turun hingga 95%.

"Ini realita yang dilakukan, apapun pasca-covid Garuda harus bertahan," ujar Erick, Selasa (9/6/2020).

Baca Juga: 5 BUMN Dapat Dana Talangan, Terbesar Garuda Indonesia Rp8,5 Triliun 

Adapun dana talangan ini merupakan 14% dari dana yang diberikan kepada BUMN sebesar Rp143 triliun. Ada 5 perusahaan yang mendapat dana talangan di antaranya, Garuda Indonesia Rp8,5 triliun, KAI Rp3,5 triliun, Perumnas Rp650 miliar, Krakatau Steel Rp3 triliun dan PTPN Rp4 triliun.

Sementara itu, untuk dana talangan Perumnas ini merupakan kesepakatan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Pertimbangannya, lebih banyak jaga likuiditas perusaahaan karena selama pandemi, rumah MBR sangat terdampak.

"Kita tidak mau program KPR di Himbara pun kalau Perumnas tidak sehat akan jadi interlock. Sedangkan ini rumah harus jalan. Ini kesepakaatn dengan Menkeu diberi dana talangan," ujarnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini