Share

Sengketa Brand, MA Tolak Gugatan Merek Ruben Onsu

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 11 Juni 2020 18:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 11 320 2228463 sengketa-brand-ma-tolak-gugatan-merek-ruben-onsu-a1P6Kht5PT.jpg MA Tolak Gugatan Ruben Onsu. (Foto: Okezone.com/Instagram)

JAKARTA - Mahkamah Agung (MA) menolak gugatan Ruben Samuel Onsu terkait sertifikat merek Bensu. Hal tersebut menjadi amar putusan yang dituangkan dalam Surat Nomor 57/Pft.Sus-HKI/Merek/2019/PN Niaga Jkt.PSt.

"Menyatakan bahwa penggugat rekonpensi adalah pemilik dan pemakai pertama yang sah atas: Merek “I AM GEPREK BENSU SEDEP BENEERRR + LUKISAN”, nomor pendaftaran IDM000643531, Kelas 43, tanggal pendaftaran 24 Mei 2019, nama pemilik PT AYAM GEPREK BENNY SUJONO," tulis Putusan MA, yang dikutip Okezone, Kamis (11/6/2020).

Baca Juga: 9 Merek Termahal di Dunia, Louis Vuitton Juaranya

Sebelumnya, Kuasa Hukum Ruben Onsu, Minola Sebayang mempertanyakan kinerja Ditjen HKI terkait sertifikat merek Bensu yang diserahkan kepada Jessy Handalim. Minola menyebut langkah Ditjen HKI bertentangan dengan undang-undang yang berlaku.

"Kami bingung kenapa HKI bisa mengeluarkan sertifikat nama 'Bensu' untuk Jessy Handalim. Padahal, dalam pasal 21 ayat 2 (a) UU No. 20 tahun 2016, telah mengatur permohonan merek ditolak jika merek itu merupakan menyerupai singkatan nama orang terkenal, baik dalam foto atau badan hukum yang dinamai orang lain. Berhak diberikan orang lain, jika berdasarkan ketentuan tertulis dari orang tersebut atau kepemilikan nama itu," ujar dia.

Baca Juga: Ini Tanda-Tanda Mengapa Sebuah Perusahaan Melakukan Perubahan Terhadap Brand

Mengacu pada ketentuan undang-undang, Minola menilai ada kesalahan dalam penerbitan sertifikat merek Bensu kepada Jessy Handalim. Sepengetahuan Minola, identitas Bensu sejatinya sudah melekat pada sosok Ruben Onsu.

"Sekarang gini, secara nalar kita, Bensu itu siapa sih? Pasti semua orang tertuju kepada Ruben Onsu kan? Tapi kenyataannya sekarang ada yang mendaftarkan nama 'Bensu' ke Hak Kekayaan Intelektual (HKI)," katanya.

Alasan inilah yang kemudian membuat Ruben Onsu menggugat pemilik merek Bensu yang terdaftar di Ditjen HKI pada 25 September 2018. Dalam gugatannya, Ruben meminta agar Jessy melepas nama Bensu, yang saat ini sudah terdaftar sebagai unit bisnis susu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini