Share

Cara Cegah Kehebohan Lonjakan Tagihan Listrik

Taufik Fajar, Okezone · Selasa 16 Juni 2020 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 320 2230999 cara-cegah-kehebohan-lonjakan-tagihan-listrik-qwBMqT3nJj.jpg Listrik (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Banyak warga terkejut dengan tagihan listriknya yang membengkak. Mereka merasa hanya sedikit menggunakan listrik namun tagihannya cukup besar.

Akhirnya, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menjelaskan kenapa tagihan listrik pelanggan bisa melonjak selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Rupanya tagihan tersebut akibat pencatatan rata-rata tagihan menggunakan rekening 3 bulan terakhir.

Baca Juga: Tak Sanggup Bayar Listrik, PLN Bolehkan Pelanggan Cicil Tagihan

Terkait hal itu, Pengamat Ekonomi Energi UGM Fahmy Radhi, menyebut PLN dan konsumennya harus melakukan komunikasi yang intens. Kemudian PLN juga harus bisa menerima masukan dari pelanggan.

"Hal ini untuk meminimalisir kejadian lonjakan listrik yang secara tiba-tiba yang diterima pelanggan. Jadi apabila ada kejadian seperti ini, PLN tidak dianggap kurang maksimal kerjanya," ujar dia pada acara IDX Channel, Selasa (16/6/2020).

Baca Juga: Heboh Tagihan Membengkak, Akhirnya PLN Buka-bukaan soal Tarif Listrik 

Sebelumnya, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan Bob Saril mengatakan, dengan pencatatan rata-rata tagihan menggunakan rekening 3 bulan terakhir akibatnya lonjakan yang melebihi 20% akan ditagihkan pada Juni sebesar 40% dari selisih lonjakan. Kemudian sisanya dibagi rata tiga bulan pada tagihan berikutnya.

listrik

Saril menjelaskan, lonjakan tagihan yang dialami sebagian pelanggan tidak disebabkan oleh kenaikan tarif ataupun subsidi silang antara pelanggan golongan tertentu dengan golongan yang lain.

"Lonjakan pada sebagian pelanggan tersebut terjadi semata-mata karena pencatatan rata-rata rekening sebagai basis penagihan pada tagihan bulan Mei, pada bulan Juni ketika dilakukan pencatatan meter aktual selisihnya cukup besar,” ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini