Bos OJK: Restrukturisasi Kredit Mulai Melandai

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 17:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 320 2238292 bos-ojk-restrukturisasi-kredit-mulai-melandai-WqPDY7nIW9.jpg Bos OJK Wimboh (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Dewan Komisoner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyebut restrukturisasi kredit sudah mulai melandai. Tercatat, sebagian besar restrukturisasi sudah dilakukan pada April hingga Mei.

"Pada bulan Juni melandai, ini tanda bahwa pick atau memilih sudah dilakukan. Dan ketika ada tambahan tidak begitu banyak," ujar dia dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), bersama Komisi XI DPR RI, Senin (29/6/2020).

Baca Juga: Intip Skema Bagi-Bagi Beban Sri Mulyani dan Bos BI 

Menurut dia, hingga Desember OJK akan terus monitor seluruh bank terutama kredit yang menjadi segmen restrukturisasi. Di mana permodalan perbankan saat ini tidak bermasalah, di samping likuiditas umum yang juga terjaga baik.

"Tapi kami melihat pada Mei rasio kredit bermasalah atau non performing loan sudah mulai meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa beberapa sektor sudah mulai kena imbas Covid-19," jelas dia.

Baca Juga: Kelompok Bersenjata Serang Gedung Bursa Saham Pakistan 

Dia menambahkan hingga 15 Juni tercatat total nilai restrukturisasi kredit bank sudah mencapai Rp655,8 triliun dari 6,27 juta nasabah. Di mana sebagian besar nasabah yang melakukan restrukturisasi merupakan nasabah dari perusahaan berskala usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Jadi, dari jumlah itu outstanding kredit UMKM mencapai Rp298,8 triliun dari 5,17 juta debitur. Sementara non UMKM sudah Rp 356,98 triliun untuk 1,1 juta debitur," tandas dia.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini