Kalau Ada Lonjakan Tagihan, Itu Bukan karena Kenaikan Tarif Listrik

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 13:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 07 01 320 2239426 kalau-ada-lonjakan-tagihan-itu-bukan-karena-kenaikan-tarif-listrik-EzKsVJLVPs.jpg Listrik PLN. (Foto: Okezone.com/Dok. PLN)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan bahwa tidak ada kenaikan tarif listrik sampai akhir tahun ini. Hal ini menjawab simpang siurnya informasi bahwa tarif listrik naik.

"Kami juga tekankan bahwa pemerintah sampai saat ini tidak mengambil keputusan untuk menaikan tarif listrik hingga akhir tahun ini. Sehingga kalau ada apa-apa seperti kenaikan listrik bulanan itu semata-mata hanya karena ada kenaikan pemakaian," tutur Dirjen Ketenagalistrikan Rida Mulyana, dalam diskusi virtual, Rabu (1/7/2020).

Baca Juga: Stimulus Listrik Gratis karena Covid-19 Tidak Akan Permanen

Sebelumnya, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan kembali menurunkan petugasnya untuk mengecek meteran listrik tiap rumah. Hal ini agar memastikan meteran setiap tagihan valid dan tidak ada lagi yang mengalami lonjakan listrik.

Selain didatangi petugas, pelanggan masih bisa menggunakan layanan Lapor stand meter mandiri (Baca Meter Mandiri) melalui aplikasi WhatsApp Messenger (WA) PLN 123 dengan nomor 08122123123. Pelaporan mandiri pelanggan bisa dilakukan pada tanggal 24-27 setiap bulannya.

Baca Juga: Kabar Gembira, Listrik Gratis Diperpanjang hingga September 2020

Akan tetapi, menurut Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, Agung Murdifi, apabila lokasi rumah pelanggan tidak bisa didatangi oleh petugas dan pelanggan tidak mengirimkan laporan mandiri melalui WhatsApp, sebagai alternatif PLN akan menggunakan rata-rata 3 bulan sebagai dasar perhitungan rekening listrik.

Selain itu, lanjut Agung, Implikasinya akan ada koreksi tagihan rekening listrik. Di mana, ketika nantinya petugas PLN berhasil melakukan pencatatan meter ke rumah pelanggan tersebut.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini