Cermat Memilih Investasi Saham, Kantong Bisa Tebal

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 20:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 278 2240919 cermat-memilih-investasi-saham-kantong-bisa-tebal-WexmSV3Qd5.jpg Investasi Saham di Pasar Modal Indonesia. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia begitu banyak, bahkan membuat investor bingung memilih yang tepat. Guna mengurangi tikat kerugian, disarankan untuk tidak terlalu banyak variasi saham yang dipilih.

Founder Aplikasi Teman Trader (Tetra) Saham Luqman el Hakiem Syamlan mengatakan, tidak perlu banyak variasi saham saat memulai investasi. Sebab semakin banyak saham yang dipunya, semakin banyak juga pergerakan saham yang perlu diperhatikan.

Baca Juga: Investasi Saham di Tengah Covid-19, Simak Rekomendasi Saham bagi Pemula

"Saya cuma empat emiten, itu yang dimonitor. Misalnya ada 25 saham, ini semua dimonitor. Ini saham turun atau naik gimana, perusahaan oke atau tidak. Jadi jangan kebanyakan punya variasi saham," tuturnya, dalam Live Streaming di Instagram Okezone.com dan MNC Sekuritas, Jumat (3/7/2020).

Dengan tidak banyaknya saham, distribusi modal yang disiapkan bisa lebih merata dan jumlahnya maksimal. Maksudnya, tidak ada anak emas yang selama investasi saham.

"Distribusikan seara merata jadi tidak ada saham anak emas, anak tiri. Satu misalnya Rp10 perak, satu lagi Rp100.000. Semua saham harus sama. Semua ada punya peluang naik, kalau ada uang Rp100 juta, saya bagi di 4 emiten tadi," tuturnya.

Baca Juga: Hindari Investasi Saham dengan Modal Besar, Bisa-Bisa Rugi Bandar

Kemudian, bila investor tidak memiliki waktu untuk menganalisi saham secara reguler, sebaiknya gunakan konsep cost everage seperti menabung saham. Misalnya sudah mematok pada empat saham seperti BRI, Indah Kiat, BNI hingga Barito Pacifik, jadi setiap gajian dialokasikan untuk beli saham ini.

"Ini menurut saya paling bagus untuk pemula dan tidak punya waktu analisa itu paling pas," tuturnya.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini