Cerita Sri Mulyani soal Bu Dahlia dan Pak Agus, UMKM Terdampak Corona Lalu Bangkit

Natasha Oktalia, Jurnalis · Minggu 12 Juli 2020 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 12 320 2245123 cerita-sri-mulyani-soal-bu-dahlia-dan-pak-agus-umkm-terdampak-corona-lalu-bangkit-8xkKQm8OOj.jpg Sri Mulyani (Foto: Setkab)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani membagikan cerita ketiga pejuang ekonomi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah adanya pandemi Covid-19. UMKM menjadi sektor yang terdampak pandemi Covid-19.

Namun, pemerintah bergerak cepat untuk menyelamatkan UMKM dari Covid-19 dengan memberikan stimulus program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang disiapkan untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebesar Rp123,4 triliun.

Baca Juga: UMKM Harusnya Dibantu Layaknya 'Anak Kandung' 

Dari total anggaran sebesar Rp123,4 triliun untuk UMKM, pemerintah membaginya menjadi tujuh program, antara lain subsidi bunga Rp35,2 triliun, penempatan dana restrukturisasi Rp78,7 triliun, belanja IJP Rp5 triliun, penjaminan modal kerja (stop loss) Rp1 triliun, PPh final UMKM Rp2,4 triliun, pembiayaan investasi kepada koperasi melalui LPDB Kemenkop UKM Rp1 triliun.

"Meski hari-hari penuh tantangan, putus asa dan menyerah bukan pilihan! Setuju?" tulis Sri Mulyani dalam unggahannya di akun Instagram resminya, Jakarta, Minggu (12/7/2020).

Sri Mulyani bercerita soal pejuang UMKM bernama Dahlia, Agus Budiarto dan Masyrifah. Dimulai dari usaha milik Bu Dahlia yang merupakan seorang penjahit pakaian yang mengalami penurunan penghasilan secara drastis karena pesanan jahitnya sangat sepi.⁣⁣

Kemudian, Pak Agus Budiarto, penjual soto kaki lima di Solo juga merasakan dampak langsung pelanggan sepi akibat pandemi Covid-19. ⁣⁣

Baca Juga: Munculnya Bisnis Rumahan Jadi Bibit Ekonomi di Masa Covid-19 

Bu Masyrifah pemilik warung makan di Jakarta sangat bergantung pada penghasilan warungnya untuk membiayai hidup dan kontrakannya.⁣⁣

Namun, ketiganya justru tidak menyerah dan tetap memperjuangkan mencari penghasilan. Ketiganya diketahui bergerak cepat dan memanfaatkan fasilitas subsidi bunga kredit yang diberikan pemerintah. Dengan adanya bantuan ini mereka tetap optimis untuk tetap berusaha, bertahan, dan bangkit meneruskan usaha.

"Saya menghargai semangat kebertahanan Bu Dahlia, Pak Agus Budiarto, bu Masyrifah, serta seluruh sahabat pelaku UMKM di mana pun berada. Juga karena telah memanfaatkan subsidi bunga kredit UMKM dengan baik," kata Sri Mulyani.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini