Anak Sekolah Online, Ini Cara agar Tagihan Listrik Tak Membengkak

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 320 2245599 anak-sekolah-online-ini-cara-agar-tagihan-listrik-tak-membengkak-jhoTaKqET0.jpg Listrik (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – Seluruh anak sekolah kembali mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) per hari ini, Senin (13/7/2020). Namun, lantaran pandemi virus corona atau Covid-19 masih melanda Indonesia, maka mereka hanya melakukan KBM secara daring. Aktivitas itu dinilai akan membuat tagihan listrik membengkak.

“Pastinya penggunaan listrik untuk school from home kan enggak bisa dibatasi juga karena memang kebutuhannya menuntut penggunaan listrik,” kata Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho kepada Okezone, Senin (13/7/2020).

Baca Juga: Berkah Tahun Ajaran Baru, Pedagang Seragam Sekolah Banjir Orderan

Dia menyarankan agar tagihan listrik di rumah tak jebol saat anak-anak sekolah daring, maka harus mengurangi penggunaan barang elektronik lainnya. Sebab, saat menjalani sekolah daring, maka besar kemungkinan banyak pemakaian barang elektronik yang digunakan secara berlebihan.

“Maka yang bisa dilakukan untuk mengurangi tagihan berarti mengurangi aktitivas lain yang menggunakan listrik yang kurang perlu semisal nonton TV, main game, mematikan lampu atau peralatan listrik yang kurang perlu ataupun membiasakan mencabut colokan peralatan listrik yang tidak digunakan,” ujarnya.

Baca Juga: 5 Persiapan yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Usaha Baru

Saat menjalani sekolah daring, maka para orangtua harus menyiapkan dana yang dialoasikan untuk kuota internet. Namun, hal itu terasa berat bagi para orangtua yang mengalami pemangkasan gaji bulanan dari tempat mereka bekerja. Oleh sebab itu, dibutuhkan persiapan khusus agar keuangan keluarga tak jebol.

“Karena saat ini kuota internet sangat diperlukan dan jadi kebutuhan wajib agar anak dapat bersekolah secara online, tentu hal tersebut menjadi hal yang harus dipenuhi oleh keluarga tersebut,” katanya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini