Daftar Produk Rempah RI yang Mendunia, Nomor 6 Sempat Mahal Efek Corona

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 17 Juli 2020 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 320 2247820 daftar-produk-rempah-ri-yang-mendunia-nomor-6-sempat-mahal-efek-corona-2HoMvngutC.jpg Jahe (Foto: Lifehack)

JAKARTA - Selain memiliki kekayaan keindahan alam, Indonesia juga dikenal dengan banyaknya rempah-rempah yang menjadi warisan budaya. Mulai dari lada hingga kunyit.

Berdasarkan data Negeri Rempah Foundation, tercatat ada 400-500 spesies rempah, dan dari 275 itu di antaranya berada di Asia Tenggara yang di dominasi oleh Indonesia. Julukan untuk Indonesia sendiri menjadi Mother of Spices.

Seperti yang dilansir dari laman Instagram @kementerianpertanian , Jakarta, Jumat (17/7/2020). Sejumlah kawasan di Indonesia seperti Jambi, pulau Jawa, Kalimantan Tengah dan Timur, Maluku, NTT hingga Papua. Berikut beberapa daftar rempah yang menjadi andalan ekspor Indonesia.

Baca Juga: Cegah Peredaran Obat Ilegal, Rempah dan Jamu Tradisional Bisa Jadi Solusi

1. Lada

Si kecil yang berbentuk biji dan bercita rasa pedas ini mempunyai nama latin Piper Nigrum Linn. Rempah ini diperkirakan berasal dari India. Namun, ternyata tanaman ini banyak tersebar di wilayah Indonesia. Seperti Aceh, Jambi, Kalimantan,Lampung, Sumatera hingga Yogyakarta.

2. Cengkeh

Cengkeh biasanya ditemui di beberapa masakan hingga minuman hangat. Rempah ini berasal dari Ternate dan Tidore yang berada di Kepulauan Maluku. Lalu, cengkeh saat ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

cengkeh

3. Kayu manis

Rempah ini mempunyai aroma yang sangat harum. Biasanya rempah ini dijumpai di berbagai macam kue atau minuman.

4. Pala

Tanaman ini selain digunakan sebagai rempah-rempah pala juga bisa digunakan sebagai penghasil minyak astiri. Tanaman ini merupakan tanaman khas Banda dan Maluku, banyak tersebar di daerah Timur Indonesia.

5. Vanili

Sebenarnya, tanaman ini berasal dari Meksiko. Namun, di Indonesia juga sudah banyak dibudidayakan. Terutama di wilayah Barat dan Tengah Indonesia.

6. Jahe

Jahe dengan ciri khas rasa pedas dan biasanya digunakan untuk bahan makanan, obat hingga permen.

jahe

7. Kunyit

Tanaman ini dikenal dengan ciri khas warna yang dikeluarkan yaitu warna kuning. Tanaman ini tumbuh cukup banyak di berbagai wilayah Asia Tenggara. Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kunyit terbaik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini