Share

Sri Mulyani: Pelonggaran PSBB Buat Usaha Kembali Bangkit

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 20 2249297 sri-mulyani-pelonggaran-psbb-buat-usaha-kembali-bangkit-zTBYzk0Z3m.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim ekonomi Indonesia mulai kembali bangkit di tengah pandemi virus corona yang belum berakhir.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, ekonomi Indonesia menunjukkan tren yang positif pada Juni 2020. Hal ini terlihat dari sejumlah aktivitas kegiatan ekonomi mulai meningkat.

Baca Juga: Pertimbangan Jokowi Tunjuk Erick Thohir Jadi Ketua Tim Pemulihan Ekonomi

"Ekonomi bulan Juni ada perbaikan yang menuju arah positif karena geliat ekonomi kita pada awal Juni sudah mulai terjadi dikarenakan pelonggaran pada PSBB yang membuat sektor usaha mulai kembali bangkit," kata Sri Mulyani video virtual APBN Kita di Jakarta, Senin (/7/2020).

Kata dia, perbaikan ekonomi Indonesia bisa juga dilihat dari indeks manufaktur yang cukup membaik. Serta kinerja ekspor surplus dan impor yang mulai turun. Ini menunjukan ekonomi berangsur pulih.

"Penerapan belanja modal itu tunjukkan tanda tanda turn around arah perubahan positif," katanya.

Baca Juga: Erick Thohir Buka-bukaan Jadi Ketua Pelaksana Satgas Covid-19

Dia pun menambahkan cadang devisa juga mengalami peningkatan karena penerbitan surat berharga negara (SBN) valuta asing. Serta inflasi yang cukup stabil membuat ekonomi Indonesia sudah mulai meningkat.

"Tapi ada harapan pada Juni mulai terjadi arah pembalikan ekonomi kita yang relatif positif dan ada harapan pemulihan ini," jelasnya," jelasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini