Share

Menko Luhut Klaim Tingkat Kesembuhan Covid-19 Rata-Rata di Atas 50%

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 21 Juli 2020 09:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 320 2249580 menko-luhut-klaim-tingkat-kesembuhan-covid-19-rata-rata-di-atas-50-OMk0519uwL.jpg Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan mencatat, tingkat kesembuhan Covid-19 secara rata-rata mencapai 50%. Bahkan, dia menyebut ada sejumlah daerah dengan tingkat kesembuhan mencapai 90%.

Namun demikian, Luhut tidak merinci lebih jauh daerah mana saja yang memiliki tingkat kesembuhan paling tinggi tersebut. Kata dia, data tersebut diperoleh dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19

"Sebenarnya kalau kita lihat tingkat kesembuhan rata-rata hampir di atas 50% ada daerah yang malah sudah 90%,"ujar Luhut dalam sesi wawancara dengan sebuah televisi swasta, Jakarta, Senin (20/2/2020).

Baca Juga: Sudah 472 Prajurit di Secapa TNI AD Sembuh dari Covid-19

Untuk mencegah penyebaran virus semakin masif, kata dia, seluruh elemen masyarakat harus mengambil peran. Khususnya, tokoh agama dan masyarakat untuk terus mensosialisasikan pentingnya menerapkan protokol kesehatan secara disiplin di masa normal baru (new normal).

Kata Luhut, tokoh agama dan tokoh masyarakat merupakan pemimpin yang dapat memberikan contoh bagi masyarakat luas. Karena itu, apa yang dilakukan mereka akan menjadi contoh bagi khalayak luas.

"Jadi bagaimana tokoh masyarakat kita bisa mensosialisasikan betapa pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan yang disusun Kemenkes (Kementerian Kesehatan), jadi kalau pemimpin tidak memberikan contoh bagaimana rakyatnya,"ujarnya.

Baca Juga: Update Corona di Indonesia 20 Juli 2020: Positif 88.214 Orang, Sembuh 46.977 & Meninggal 4.239

Luhut menjelaskan, dengan kontribusi sejumlah tokoh agama dan masyarakat, maka dipastikan dalam waktu delapan bulan ke delapan Indonesia akan sembuh dari Covid-19. Dengan begitu, ekonomi dalam negeri pun akan menggeliat.

"Bahwa bangsa Indonesia harus disiplin terhadap pengangan Covid-19 ini, karena kata kuncinya sebenarnya bagaimna kita pakai masker disiplin, jaga jarak itu displin, kemudian cuci tangan itu disiplin. Karena itu saya kira kata kunci," kata Luhut

Luhut mengungkapkan, dengan melandainya Covid-19 akan memberikan kesempatan kepada destinasi wisata di sejumlah daerah untuk berbenah.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini