Wow, Vaksin Corona Terbuat dari Jahe Merah

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 320 2250469 wow-vaksin-corona-terbuat-dari-jahe-merah-QMohzxWFrb.jpeg Waspada Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - PT Kalbe Farma terus mempercepat pembuatan vaksin virus corona (Covid-19). CEO PT Kalbe Farma Vidjongtius mengatakan telah membuat produk vaksin dengan berbahan herbal. Adapun vaksin herbal ini terbuat dari jahe merah untuk bisa mengobati pasien corona (Covid-19).

"Kita lebih giat berkolaborasi dalam penelitian dan pengembangan vaksin semoga Agustus bisa di uji klinis dan bulan depan bisa final,"'ujar Vidjongtius dalam diskusi webinar Maybank di Jakarta, Rabu (22/7/2020).

Baca juga: Vaksin Covid-19 Diproduksi Massal di 2021, Saham Indofarma hingga Kimia Farma Meroket Seharian

Dia melanjutkan jika vaksin ini berjalan lancar maka vaksin virus corona ini bisa segera distribusikan pada pertengahan tahun 2021. Adapun dalam tahap uji klinis ini menggandeng Korea Selatan yang juga sedang mengembangkan vaksin virus covid-19.

"Jadi DNA vaksin ini bisa digunakan pada tahun 2021," jelasnya.

Baca juga: RI Targetkan Vaksin Covid-19 Diproduksi Massal Tahun Depan

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir menyampaikan kabar gembira bahwa uji vaksin Covid-19 sudah masuk tahap akhir atau sudah hampir final. Namun demikian, pihaknya meminta agar masyarakat tetap patuh terhadap protokol kesehatan.

"Uji vaksin sudah hampir final tapi kita tetap harus waspada sampai vaksin tersebut bisa digunakan. Penting sekali meningkatkan kedisiplinan, seperti yang telah disampaikan presiden, kita harus selalu disiplin menggunakan masker, mencuci tangan, dan jaga jarak untuk menekan penyebaran Covid-19," katanya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini