Tagihan Listrik Kategori Ini Bisa Lebih Murah, Dapat Subsidi Rp3 Triliun

Michelle Natalia, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 320 2253264 tagihan-listrik-kategori-ini-bisa-lebih-murah-dapat-subsidi-rp3-triliun-H8BVuWAOp4.jpg Listrik (Okezone)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan Rp3 triliun untuk insentif listrik sektor bisnis dan sosial. Insentif tersebut untuk jangka waktu Juli - Desember.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Febrio Nathan Kacaribu mengatakan, insentif pemerintah diharapkan dapat mendorong kinerja industri. Adapun, mekanisme insentif yang digunakan yakni keringanan tagihan listrik.

 Baca juga: Komisi VII Sepakat Subsidi Listrik Rp54,5 Triliun pada 2021

"Nanti detailnya akan disampaikan (insentif listrik). Kami juga sedang menyiapkan insentif-insentif lainnya," kata Febrio dalam Mid-Year Economic Outlook 2020, Selasa (28/7/2020).

Dia pun melanjutkan dengan pemberian insetif ini akan menaikan kosumsi listrik. Adapun, kenaikan konsumsi listrik menjadi sinyal pemulihan ekonomi.

"Aktivitas ekonomi secara historis memiliki korelasi dengan konsumsi listrik yang mencerminkan pertumbuhan populasi dan produksi barang dan jasa. Beberapa faktor lain yang mempengaruhi konsumsi listrik adalah rasio elektrifikasi, pembangunan, dan tingkat pendapatan," jelasnya.

 Baca juga: Menteri ESDM Kurangi Subsidi Listrik Tahun Depan

Dia merinci saat ini data konsumsi listrik per Juni 2020 menunjukkan pertumbuhan positif di seluruh agen yang menjadi sinyal pemulihan ekonomi. Pasalnya, industri yang memiliki porsi 31,7% dari total konsumsi listrik mampu tumbuh positif.

"Hal ini mengindikasikan ada peningkatan produksi barang dan jasa. Meski masih tumbuh negatif, konsumsi listrik pada sektor bisnis dengan porsi sebesar 18,4% juga mulai menunjukkan perbaikan yang kemudian menunjukkan kembali meningkatnya aktivitas ekonomi," jelasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini