Jika Covid-19 Berakhir, Banyak Perusahaan Diakuisisi dan Merger

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2020 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 31 320 2254936 jika-covid-19-berakhir-banyak-perusahaan-diakuisisi-dan-merger-fvM7i58PNh.jpg Diprediksi Akan Banyak Perusahaan Merger dan Diakuisisi karena Covid. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pandemi virus corona atau Covid-19 belum diketahui kapan berakhirnya. Pasalnya, vaksin untuk menangkal virus sedang dalam uji klinis oleh PT Bio Farma yang bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia Rhenald Kasali menilai, bila vaksin sudah ditemukan hingga nantinya pandemi berakhir, maka akan ada banyak perusahaan yang diakuisisi dan merger untuk tetap eksis di dunia usahanya.

Baca Juga: Anies Minta Pengusaha Serius Lindungi Pekerjanya

"Setiap krisis selalu menyisakan merger dan akuisisi," kata kata Rhenal dalam diskusi di Youtube, Jumat (31/7/2020).

Menurut dia, pasti masih ada segelintir pengusaha yang arus kas perusahaannya masih surplus, meski pandemi sedang melanda Indonesia.

"Sebagian orang yang masih surplus, nah yang itu yang punya tabungan. Orang-orang yang punya itu mereka akan melakukan akuisisi tambah besar di sana," ujarnya.

Baca Juga: Anies Kembali Perpanjang PSBB Transisi Fase I

Selain itu, lanjut dia, dirinya melihat akan lahir sebuah perusahaan bertipe startup-startup yang akan meramaikan bisnis daring di pasar Indonesia.

"Jadi startup akan keluar yang baru-baru. Keyakinan terhadap teknologi itu meningkat drastis," kata dia.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini