Bantu Ekonomi RI Pulih, Menkeu Sarankan Beli Makanan di Warteg

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 20 Agustus 2020 09:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 20 2264869 bantu-ekonomi-ri-pulih-menkeu-sarankan-beli-makanan-di-warteg-MCd9WksnQG.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: okezone)

JAKARTA - Pemerintah terus mencari beragam langkah kebijakan dalam memulihkan ekonomi yang terkena imbas covid-19. Salah satunya mengangkat bisnis UMKM.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mencontohkan agar membeli makanan dari warung tradisional seperti warung Tegal alias warteg. Hal ini bisa menyumbang perekonomian Indonesia.

 Baca juga: Tekanan Resesi, Ekonomi RI 2020 Diprediksi Tumbuh Negatif

"Setidaknya jika 260 juta orang Indonesia tergerak untuk memberikan sumbangsihnya dapat membantu ekonomi kecil bergerak. Misalnya, lebih inovatif berpikir mencoba untuk membeli sesuatu dari warung Tegal dekat dengan tempat Anda," ujar Sri Mulyani dalam sebuah acara webinar, Jakarta, Kamis (19/8/2020) malam.

Menurutnya, adanya covid sebagai momentum untuk mereformasi banyak hal. Reformasi pendidikan, kesehatan, dan keamanan sosial.

 Baca juga; 4 Langkah BI Pulihkan Ekonomi Indonesia dari Covid-19

"Kita menuju masa depan dimana orang-orang Indonesia menjadi inti," katanya.

Dia menambahkan pemerintah tidak bisa berjuang sendiri sehingga butuh kontribusi masyarakat.

"Jadi jangan hanya berharap dan menyampaikan bahwa ini hanya pemerintah yang memiliki aturan dan tanggung jawab untuk melakukan itu. Masing-masing dari Anda sebenarnya dapat berkontribusi secara signifikan," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini