Kisah Kim dan Vanessa Sukses Bisnis Makanan di Tengah Covid-19

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 20 Agustus 2020 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 320 2265032 kisah-kim-dan-vanessa-sukses-bisnis-makanan-di-tengah-covid-19-Y0LekrCbSx.jpg Kim dan Vanessa Rintis Usaha di Tengah Covid-19. (Foto: Okezone.com/Business Insider)

JAKARTA - Kim Pham dan Vanessa Pham mewujudkan impian bisnis produk masakan, Omsom. Saat ini penjualannya telah naik tiga kali lipat dengan 2.000 pelanggan masuk daftar tunggu dalam produksi selanjut.

Omsom diambil dari bahasa yang sering disebutkan orang tuanya saat mereka masih kecil. Bila Vanessa dan Kim membuat gaduh di kursi belakang mobil, orang tuanya berkata "Don't be so om-som".

Kata Omsom pun dipilih untuk bisnis impian mereka. Di Vietnam, Omsom berarti lantang dan bangga.

Starter kit Omsom dirancang langsung ke konsumen dan koki untuk makanan Asia. Produknya pun hadir dalam kemasan yang cerah dan ekspresif.

Baca Juga: Pentingnya Faktor Iklim saat Memulai Budidaya Kopi

Tercatat sejak tiga bulan diluncurkan, satu sampel dari tiga starter kit Omsom terjual habis dalam waktu seminggu setelah merek tersebut diluncurkan Mei 2020.

"Ini benar-benar mengubah masakan rumah saya," ujar Kontributor Vogue Julie Tong, dilansir dari Bussines Insider, Kamis (20/8/2020).

Dari kisahnya ini, yang menarik adalah peluncuran bisnisnya dilakukan di tengah pandemi. Hal tersebut pun diakui bertentangan dengan saran dari mentor Kim dan Vanessa.

"Banyak mentor kami yang menyuruh kami untuk tidak meluncurkannya," kata Kim.

Baca Juga: Lowongan Kerja Data Analyst, Profesi yang Lagi Hype

"Mereka mengatakan banyak orang tidak akan berada di tempat untuk mencoba merek baru. Tetapi ada titik di mana Vanessa dan saya harus menggali keyakinan kami seperti, ini sedang terjadi, tetapi orang lebih dari sebelumnya membutuhkan kegembiraan dalam hidup mereka," tambah Kim.

Sebelum meluncurkan produknya ini, Kim dan Vanessa melakukan penelitian ke konsumen dan mengamati sekira 50 orang yang memasak di rumah. Mereka juga bekerja dengan chef top dalam masakan Asia Tenggara, seperti Ohm Suansilphong dari Fish Cheeks, Nicole Ponseca dari Jeepney, dan Jimmy Ly dari Madame Vo.

Kerjasama tersebut dilakukan untuk membuat starter kit pertama mereka. Adapun paket pertama bukan makanan, tapi berisi bumbu, saus dan bumbu yang dibutuhkan untuk memasak suatu hidangan tertentu. (feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini