Bisnis Startup Bisa Jadi Tumpuan Ekonomi Indonesia

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 455 2268410 bisnis-startup-bisa-jadi-tumpuan-ekonomi-indonesia-5GFFhnDUlU.jpg Ilustrasi Startup (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Plt Deputi Penguatan Inovasi Kemenristek/BRIN Jumain Appe menilai bidang usaha startup akan menjadi penopang ekonomi Indonesia di masa mendatang. Oleh sebab itu, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak agar sektor tersebut dapat terus berjalan di tengah krisis ekonomi akibat pandemi virus corona atau covid-19.

“Dalam membangun riset atau ekosistem untuk mendorong startup menjadi usaha yang memberikan secara ekonomi baik dalam skala kecil, menengah dan besar, karena hal ini dapat menjadi tumpuan ekonomi kita di masa mendatang,” kata Jumain dalam diskusi virtual, Kamis (27/8/2020).

Baca Juga: Valuasi SpaceX Rp676 Triliun, Masih di Bawah TikTok 

Menurut dia, supaya sektor bisnis startup dapat terus eksis, dibutuhkan sebuah riset dan inovasi agar nantinya para pelaku usaha itu dapat bersaing di kancah internasional. Ini karena jenis usaha yang bertumpu di bidang teknologi itu mengharuskan setiap produknya untuk terus berkembang mengikuti kondisi pasar.

“Karena startup ini suatu usaha berbasis teknologi dan inovasi, tentunya memiliki keunggulan dari segi nilai tambah maupun dari segi penciptaan nilai daya saing. Sehingga, kita harapkan startup ini menjadi suatu usaha yang memiliki daya saing yang tinggi,” ujarnya.

 

Dia menyebut, akademisi, pebisnis dan pemerintah diharuskan untuk duduk bersama menciptakan kebijakan yang ramah kepada pelaku usaha startup. Sehingga, banyak yang menanamkan modalnya untuk berinvestasi di Tanah Air.

“Kita mengharapkan bahwa para peneliti bisa kita hubungkan untuk kita kerja sama pada pihak-pihak yang bisa memberikan bantuan dalam mengembangkan suatu usaha,” kata dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini