Menteri PPN Suharso Akui Sejumlah Staf Bappenas Positif Covid-19

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 320 2271439 menteri-ppn-suharso-akui-sejumlah-staf-bappenas-positif-covid-19-SKgAtKQWaf.jpg Monoarfa (Okezone)

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengungkapkan ketidakhadirannya secara langsung dalam rapat pembahasan asumsi makro RAPBN 2021. Pasalnya, pihaknya secara fisik harus menjalani swab test.

Hal ini dikarenakan, beberapa staf dari Bappenas yang kebetulan terpapar positif Covid-19. Sehingga dirinya harus betul-betul harus menjalani dan mengikuti protokol kesehatan dengan segera melakukan swab test guna meminimalisir penyebaran.

 Baca juga: Kepala Bappenas: Kita Segera Masuki Kehidupan New Normal

"Sekedar informasi saja beberapa staf yang terkena dan hari ini sebenarnya saya harus melakukan swab test dan swab testnya itu tadi saya mau lakukan tapi karena ada ketegangan sedikit maka saya tidak urgent," ujar Suharso dalam video virtual, Rabu (2/9/2020).

Dia juga menjelaskan, alasan kenapa tidak mengirimkan beberapa perwakilan eselon I dari Bappenas untuk hadir secara fisik di Komisi XI DPR RI. Salah satunya karena ada beberapa deputi yang sedang tugas berada di tempat lain.

 Baca juga: Syarat New Normal Tetap Produktif dan Aman dari Covid-19

"Kami ada beberapa direktur jadi karena bukan eselon I jadi kami nggak kirim ke DPR. Yang dua sedang-sedang izin lagi tidak enak badan," tandasnya.

Sebelumnya, Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menggelar rapat bersama dengan beberapa perwakilan pemerintah yakni, Kementerian Keuangan, Bappenas, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS). Adapun rapat ini membahas mengenai asumsi makro Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2021.

Ada insiden menarik saat rapat dibuka. Ketua Komisi XI DPR RI, Dito Ganindito mempertanyakan kehadiran dari Kepala Bappenas, Suharso Manoarfa yang tidak berada di ruang rapat Komisi XI DPR RI.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini