Dapat Tawaran Gaji Lebih Tinggi saat Covid-19, Pindah Kerja atau Stay?

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 05 September 2020 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 05 622 2273057 dapat-tawaran-gaji-lebih-tinggi-saat-covid-19-pindah-kerja-atau-stay-v9SuCv1fqK.jpg Tawaran Kerja (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi virus corona atau Covid-19 membuat situasinya serba tidak pasti. Hal ini juga berefek domino pada lowongan kerja yang sulit sekali dicari saat pandemi.

Sulitnya mendapatkan pekerjaan di saat situasi pandemi seperti saat ini, memaksa para pekerja untuk bertahan dengan pekerjaannya saat ini. Meskipun pekerjaan yang dijalaninya sekarang lebih berat dari sebelumnya.

Lantas bagaimana jika mendapatkan penawaran dari perusahaan lain dengan gaji yang lebih tinggi? Apakah lebih baik terima tawaran tersebut atau justru tetap bertahan?

Baca Juga: Kelola Gaji Sehat, Jangan Terlalu Banyak Gaya Salah Satunya 

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini mengatakan, jika mendapatkan penawaran dengan gaji lebih besar, ada baiknya untuk diambil. Karena menurutnya, kesempatan tidak akan datang dua kali.

Meskipun tidak ada jaminan juga jika pindah ke perusahaan baru pekerjaan akan survive. Mengingat pandemi virus corona belum akan selesai sampai ditemukan vaksinya.

"Itu opportunity, ambil kesempatan itu, karena belum tentu dia datang dua kali kan," ujarnya saat dihubungi Okezone, Sabtu (5/9/2020).

Namun, Menurut Mike, meskipun memiliki dan mendapatkan penawaran gaji yang besar harus tetap menjalankan diversifikasi penghasilan. Maksudnya, harus menciptakan penghasilan baru sehingga tidak hanya mengandalkan dari gaji saja.

Salah satu contohnya adalah dengan membuka usaha mandiri. Ada banyak alternatif usaha yang bisa dipilih untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

"Itu bukan diversifikasi dan tetap menggantungkan dari gaji. Yang saya maksud itu anda boleh saja mendapatkan tawaran pindah kantor dengan gaji lebih baik atau kariernya lebih baik," jelasnya. (dni)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini