Share

Penyebab IHSG 'Kebakaran' pada Perdagangan Hari Ini

Aditya Pratama, iNews · Senin 07 September 2020 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 278 2273944 penyebab-ihsg-kebakaran-pada-perdagangan-hari-ini-vxt1pR2w6o.jpg Indeks Harga Saham Gabungan (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini melemah 9,65 poin atau 0,18% ke 5.230. Bahkan, IHSG sempat menyentuh angka terendah di 5.195 pada perdagangan hari ini.

Pengamat Pasar Modal Lucky Bayu Purnomo mengatakan, tren IHSG pada sesi ini memang dapat dikatakan mengalami pelemahan yang wajar, di mana apresiasi pasar masih cenderung masih membatasi likuiditas transaksi untuk melakukan transaksi jangka pendek, menengah dan panjang yang agresif.

Baca Juga: Tak Mampu Keluar dari Zona Merah, IHSG Setop di 5.230

"Untuk itu tren negatif masih ada di kisaran angka 5.200-5.195 seperti yang diuji di angka terendah hari ini," ujar Lucky dalam acara Market 2nd session closing IDX Channel, Senin (7/9/2020).

Lucky menambahkan, kinerja indeks dolar AS yang menguat pada awal pekan hingga akhir pekan lalu dan dibuka tetap menguat pada awal pekan ini juga menjadi salah satu pertimbangan pelaku pasar dalam perdagangan hari ini.

Baca Juga: Banyak Sentimen Negatif Bikin IHSG Lemah Tak Berdaya

"Bahwa sebenarnya apresiasi pasar saat ini sudah memerhatikan kinerja pasar uang jauh lebih dominan kemudian pasar komoditi jauh lebih dominan dibanding pasar modal itu sendiri," kata dia.

Menurutnya, perdagangan hari ini menunjukkan bahwa kinerja pasar modal dengan mekanisme transaksi yang berbeda dengan pasar berjangka menjadi salah satu pertimbangan pelaku pasar.

"Transaksi cenderung mengalami penurunan dan mengakibatkan IHSG mengalami koreksi hari ini," ucapnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(kmj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini