RI Bakal Produksi Obat Avigan Lawan Corona

Binti Mufarida, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 320 2275653 ri-bakal-produksi-obat-avigan-lawan-corona-FP9APJk0pX.jpeg Virus Corona (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah akan memproduksi obat anti virus Favipiravir yang selama ini digunakan untuk mengobati pasien positif Covid-19. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan produksi Favipiravir akan dilakukan oleh BUMN farmasi Kimia Farma.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Menko Airlangga Soroti Ganjil Genap di Jakarta

“Yang terkait dengan Favipiravir ini kebetulan patennya sudah selesai sehingga juga akan diproduksi oleh Kimia Farma,” ungkap Airlangga dalam Konferensi Pers di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Selain itu, Airlangga juga melaporkan terkait dengan ketersediaan obat-obatan di rumah sakit maupun untuk pasien Covid-19 isolasi mandiri. Pemerintah, kata Airlangga, minggu depan akan memproduksi obat antivirus yang sering digunakan seperti Tamiflu atau Oseltamivir sekitar 480 ribu. 

Baca Juga: Ekonomi RI Bisa Minus di Atas 3%

“Kemudian terkait dengan ketersediaan obat-obatan baik untuk Rumah Sakit maupun untuk pasien isolasi mandiri. Nah pemerintah sudah memproduksi obat antivirus seperti tamiflu atau oseltamivir, itu minggu depan bertambah hampir 480 ribu,” katanya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini