Menko Airlangga: 480.000 Obat Diproduksi untuk Pasien Covid-19

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 20:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 320 2275826 menko-airlangga-480-000-obat-diproduksi-untuk-pasien-covid-19-LwdepMyPc9.jpg Covid-19 (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan memproduksi obat anti covid-19 dalam mengobati pasien yang terinfeksi.

Menteri Koordinator Perekonomian (Menko) Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia tengah memproduksi 480.000 obat untuk penyembuhan pasien covid-19.

Adapun obat tersebut antara lain seperti tamiflu atau oseltamivir, hingga favipiravir yang diproduksi melalui PT Bio Farma (Persero) bersama PT Kimia Farma Tbk.

"Terkait dengan ketersediaan -obatan baik untuk Rumah Sakit maupun untuk pasien isolasi mandiri kenapa pemerintah sudah memproduksi obat antivirus seperti tamiflu atau oseltamivir itu minggu depan bertambah hampir 480.000 kemudian juga yang terkait dengan favipiravir ini kebetulan patennnya sudah lepas sehingga juga akan diproduksi oleh kimia farma," kata Airlangga dalam video virtual, Kamis (10/9/2020).

Kata dia, pemerintah juga akan memberikan kegiatan produktif berlangsung, masyarakat didorong untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Kegiatan produktif tentunya akan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat dan mendorong sektor produktif terus berjalan menjaga protokol COVID, mendorong kampanye untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan ataupun ini yang sangat relevan terkait dengan kegiatan pilkada ke depan," jelasnya.

Dia pun akan menyeimbangkan antara kegiatan yang terkait dengan pencegahan penyebaran covid-19 serta mempertimbangkan terkait dengan pemulihan perekonomian

"Tentunya kita mengharapkan bahwa seluruh ke kegiatan-kegiatan ini bisa untuk menekan penyebaran covid," jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini