7 Hal yang Perlu Diketahui soal Rumah Tropis

Natasha Oktalia, Jurnalis · Senin 21 September 2020 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 470 2281268 7-hal-yang-perlu-diketahui-soal-rumah-tropis-HCCikefijw.jpg Mengenal 7 Hal dalam Rumah Tropis. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Bagi yang mau membangun rumah, sekarang disajikan beragam bentuk dan desain dari konstruksinya. Adanya menerapkan konsep modern, tropis bahkan mediterania.

Penerapan konsep tersebut tentu melihat minat dari si pemilik rumah. Salah satunya saat menetapkan konsep tropis.

Rumah tropis adalah rumah dengan adaptasi rumah tinggi yang menyesuaikan dengan iklim tropis Indonesia. Salah satu ciri dari rumah ini adalah banyaknya tanaman hijau dan sangat lekat dengan unsur natural.

Baca Juga: 7 Cara Hemat Listrik dengan Manfaatkan Cahaya Alami

Seperti yang dijelaskan dalam buku Mempercantik Tampilan Muka Rumah karya Redaksi TransMedia, Jakarta, Senin (21/9/2020). Berikut beberapa ciri rumah tropis.

1. Bentuk atap pelana yang dominan serta adanya teritis yang cukup lebar sebagai penahan tampias air hujan. Kemiringan pada atap gaya ini bisa mencapai 45 derajat.

2. Desain rumah yang diorientasikan bagi terciptanya pencahayaan dan sirkulasi udara alami.

3. Pengaturan ruang umumnya terbuka untuk mendapatkan sirkulasi ventilasi silang.

4. Memiliki ukuran jendela dan dinding yang besar.

Baca Juga: 5 Manfaat Declutter yang Bikin Rumah Jadi Lebih Harmonis

5. Dinding lebih bernuansa krem, cokelat, dan hijau. Penggunaan warna krem terkesan hangat dan serasi dengan warna furnitur yang umumnya menggunkan kayu atau rotan.

6. Menggunakan bahan alami dan warna natural. Seperti lempeng batu kali, bata ekspos, batu alam dan kayu.

7. Diterapkannya bentukan geometris serta umumnya garis desain simple tanpa banyanya detail yang rumit. Contohnya, bentuk pintu serta jendela berkisi dengan tujuan menangkis sinar matahari langsung tanpa harus mengorbankan sirkulasi di dalam ruang.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini