Cegah Covid-19, Pemerintah Disarankan Hanya Buka 1 Bandara Saja

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 23 September 2020 18:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 320 2282651 cegah-covid-19-pemerintah-disarankan-hanya-buka-1-bandara-saja-UYiwigue22.jpg Bandara Antisipasi Penularan Virus Corona. (Foto: Okezone.com/AP II)

JAKARTA - Pemerintah diminta hanya membuka satu bandara internasional saja di Indonesia. Hal itu sebagai cara memanfaatkan momentum bisnis penerbangan di tengah kelesuan operasional akibat pandemi Covid-19.

"Kondisi internasional yang relatif, seyogyanya kini untuk sementara waktu harus berlakukan single entry policy. Dengan hanya membuka satu saja internasional airport saja di Indonesia," kata Pengamat Penerbangan dari Pusat Studi Air Power Indonesia Marsekal Purnawirawan TNI Chappy Hakim dalam diskusi daring, Rabu (23/9/2020).

Baca Juga: 5 Bandara di Atas Air Segera Dibangun, Menhub: Pariwisata jadi Prioritas

Dia menjelaskan, kebijakan itu nantinya dapat memantau pergerakan bisnis hingga virus. Selain itu, keuntungan lainnya adalah dapat menimbulkan kembal geliat dunia penerbangan lokal.

"Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengawasan ketat terhadap lalu-lalang orang, barang, tanaman dan virus serta membuka ruang gerak bisnis penerbangan lokal," ujarnya.

Baca Juga: Menhub Minta Stakeholder Ciptakan Penerbangan yang Aman hingga Sehat

Dia menambahkan, pemerintah juga dapat membagi dengan adil sebagian rute gemuk yang ada di dalam negeri. Kemudian, ini juga merupakan momentum untuk menata ulang angkutan udara bagi dukungan administrasi dan logistik pada tata kelola pemerintahan.

“Sekarang saat yang tepat mengatur ulang rute penerbangan dalam negeri agar menjadi lebih efisien. Sekarang langkah yang tepat untik membagi adil rute penerbangan udara bagi keperluan dukungan administrasi untuk jalur-jalur strategis," katanya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini