Ingat, Cuma Perusahaan Bangkrut yang Boleh PHK Karyawan

Safira Fitri, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 320 2293124 ingat-cuma-perusahaan-bangkrut-yang-boleh-phk-karyawan-0adVPRePU4.jpg Menko Airlangga (Foto: Dok Kemenko Perekonomian)

JAKARTA - Setelah berhasil disahkan, UU Cipta Kerja menuai isu di mana sebagaimana beleid yang terdapat di dalamnya akan mempermudah pihak pengusaha atau pun perusahaan untuk mem-PHK karyawan seenaknya.

Namun, isu tersebut langsung dibantah oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Sebab jika saja hal tersebut sampai terjadi, maka perusahaan pun akan rugi. Adanya kemungkinan perusahaan akan melakukan PHK, jika perusahaan tersebut mengalami kebangkrutan.

 

Selain itu, bicara soal objektif keuntungan, lanjut Airlangga, supaya usahanya bisa survive, pemerintah sudah banyak melakukan kebijakan-kebijakan untuk mendukung agar pengusaha tidak melakukan PHK. Dalam kegiatan program pemulihan ekonomi, pemerintah merelaksasikan non-performing loan, dan perusahaan bisa melakukan restructuring.

"Bahkan pemerintah melalui Menteri Keuangan menaruh dana di bank, termasuk Himbara dan Perbanas, memberikan jaminan agar perusahaan tidak bangkrut," katanya, Rabu (14/10/2020).

Baca Selengkapnya: Airlangga Tegaskan Hanya Perusahaan Bangkrut yang Boleh PHK Karyawan

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini