Tertekan Covid-19, Ekonomi Indonesia Masih Untung Dibanding Negara Lain

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 320 2294541 tertekan-covid-19-ekonomi-indonesia-masih-untung-dibanding-negara-lain-nM3NCI6JWE.jpg Ekonomi RI Menurun karena Dampak Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Freepik)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menilai ekonomi Indonesia masih stabil dan kuat di tengah pandemi virus corona. Indonesia pun masih menjadi negara beruntung karena ekonominya masih belum tertekan akibat Covid-19.

"Kita masih beruntung, ekonomi Indonesia masih stabil walaupun beberapa negara ekonominya memburuk akibat turbulensi tekanan," ujar Sri Mulyani, dalam video virtual, Jumat (16/10/2020).

Baca Juga: Keuntungan Ekonomi Indonesia Pakai Jaipong

Menurutnya, terus meningkatkan perdagangan dan aliran modal khususnya investasi asing langsung jadi hal lebih penting dibandingkan aliran modal jangka pendek. Adapun, menghadapi pandemi covid-19, defisit pun diperlebar menjadi 6,3% pada 2021.

"Pelebaran defisit ini kemudian memerlukan sumber pembiayaan baru. Kita akan transparan dalam mengelola kebijakan fiskal," bebernya.

Baca Juga: Kepala BKPM Tunggu Pengusaha Jepang, Ada Apa?

Dia menambahkan pemerintah Indonesia terus berkomunikasi dengan Bank Indonesia (BI) untuk intervensi di pasar perdana SBN ini. Hal ini untuk memulihkan perekonomian Indonesia.

"Kita juga mengambil langkah untuk terus melakukan pemulihan ekonomi Indonesia," jelasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini