Ada Vaksin Covid-19, Bagaimana Kampanye Disiplin Pakai Masker?

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 10:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 320 2297037 ada-vaksin-covid-19-bagaimana-kampanye-disiplin-pakai-masker-vlcJe7Tle3.jpg Kampanye Disiplin Pakai Masker Disampaikan hingga 2022. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah sedang merampungkan tahapan uji klinis pengadaan vaksin Covid-19. Namun, masyarakat tetap diingatkan bahwa meski vaksin telah resmi diedarkan, protokol kesehatan seperti memakai masker tetap wajib ditaati.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto menyatakan, pencegahan yang paling baik agar seseorang terhindar dari pandemi adalah mengenakan masker. Sebab, senjata yang paling ampuh melawan wabah tersebut adalah masker.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Asal Korsel Siap Diuji Klinis Akhir 2020

"Tetapi vaksin tidak melindungi orang dari kemungkinan terpapar," kata Yuri dalam diskusi virtual, Selasa (20/10/2020).

Dia menyebut, pihaknya akan terus mengkampayekan disiplin penggunaan masker hingga 2022 mendatang.

"Oleh karena itu, penggunaan masker ini masih akan terus kita kampanyekan. Bahkan perhitungan kami sampai 2022 pun kita masih harus menggunakan masker," ujarnya.

Baca Juga: 5 Jenis Vaksin yang Disiapkan Pemerintah untuk Memerangi Covid-19

Dia mengatakan, berdasarkan hasil survei pihaknya, kini masyarakat semakin sadar bahwa pentingnya penggunaan masker. Oleh sebab itu, momentum ini harus dimanfaatkan para pelaku usaha agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Artinya demand set mulai meningkat. Ini yang kemudian menjadi tantangan kita bersama," katanya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini