Terungkap! Ini Golongan Pertama yang Akan Disuntikan Vaksin Covid-19

Michelle Natalia, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 320 2297803 terungkap-ini-golongan-pertama-yang-akan-disuntikan-vaksin-covid-19-wieKaeMxfL.jpg Vaksin (Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa ada kelompok prioritas yang akan menerima vaksin Covid-19. Di mana akan dilakukan pada akhir tahun nanti.

Berdasarkan studi para ahli di World Health Organization (WHO), yang perlu diberikan vaksinasi tahap pertama adalah garda terdepan dalam memerangi Covid-19.

 Baca juga: BPOM Percepat Sertifikasi Vaksin Covid-19

"Yaitu mereka yang bekerja di bidang kesehatan seperti dokter dan perawat, dan juga berikut penunjangnya termasuk aparat penegak hukum," ujar Airlangga dalam video virtual di Jakarta, Kamis(22/10/2020).

Kemudian untuk periode berikutnya, masih terkait dengan kelompok yang tergolong yang rentan. "Nah, mereka yang rentan itu juga dispesifikasi. Ini pemerintah sedang mempersiapkan masterplannya," ucapnya.

 Baca juga: Vaksin Covid-19 Asal Korsel Siap Diuji Klinis Akhir 2020

Roadmap dan masterplan ini akan dibahas di pemerintah terlebih dahulu, lalu kemudian dilaporkan ke Presiden Joko Widodo.

"Sesudah itu baru diputuskan oleh pemerintah siapa yang didahulukan," tambahnya.

Sebagai informasi, pengadaan vaksin Covid-19 oleh pemerintah dilakukan melalui dua jalur, yaitu jalur mandiri dengan pengembangan vaksin merah putih, dan jalur kerjasama internasional.

Adapun jenis vaksin yang akan diadakan melalui kerjasama internasional dengan beberapa perusahaan dengan riset unggul antara lain Sinovac, Sinopharm, CanSino, dan AstraZeneca.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini