Modus Ambil ATM Tak Keluar Apa-Apa, Begini Faktanya

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Minggu 25 Oktober 2020 04:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 320 2298976 modus-ambil-atm-tak-keluar-apa-apa-begini-faktanya-vRUmRa7Q48.jpg ATM (Shutterstock)

JAKARTA - Modus membobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) terus berkembang. Hal ini membuat masyarakat perlu lebih waspada dalam menggunakan ATM.

Menanggapi hal ini, Bank Indonesia pun meminta masyarakat lebih waspada. Jika ada hal yang mencurigakan di mesin ATM, masyarakat bisa menelepon kontak center resmi dari bank tersebut.

Berikut adalah fakta mengenai modus baru pembobolan ATM yang dirangkum Okezone:

1. Viral Modus Baru

Video viral beredar soal modus baru pengganjalan uang di mesin ATM. Video yang berdurasi 2 menit 28 detik ini menampilkan salah satu mesin ATM dipasang penutup (cover) berwarna hitam di bagian mesin saat pengambilan uang.

Video ini menunjukkan ada penutup (cover) yang sengaja ditempel menggunakan double tip oleh pelaku yang tidak bertanggung jawab guna mengambil uang nasabah saat mengambil uang di ATM.

2. Modus ATM 'Ngelem'

Ketika nasabah ingin menarik uang di ATM, uang tersebut tidak keluar karena menempel di penutup (cover) yang ditempelkan di mesin ATM.

"Untuk mengambil uang ditutup cover berwarna hitam. Ini penutup, hati-hati. Ini cover bohongan, modus. Ditempel di mesin modusnya," ucap salah satu seorang dalam video tersebut yang dikutip Okezone.

Baca selengkapnya: 6 Fakta Modus Baru Bobol ATM, Uang 'Terjebak'

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini