Konsumsi Lesu, Jokowi Minta Belanja Digeber di Kuartal IV

Dita Angga R, Jurnalis · Senin 02 November 2020 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 320 2302895 konsumsi-lesu-jokowi-minta-belanja-digeber-di-kuartal-iv-M2dY5vcBqG.jpg Jokowi (Foto: BPMI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar realisasi belanja mencapai titik maksimal di kuartal IV-2020. Hal ini mengingat kuartal IV-2020 merupakan kuartal terakhir tahun 2020.

“Sehingga kuartal IV ini sangat penting sekali agar bisa memperbaiki lagi. Syukur bisa masuk ke positif di kuartal IV. Sehingga belanja, spending harus menjadi kejar-kejaran kita semuanya,” katanya saat membuka Sidang Kabinet Paripurna, Senin (2/11/2020).

Jokowi menekankan salah satu hal yang perlu mendapat perhatian adalah rendahnya angka konsumsi rumah tangga. Dia menyebut konsumsi rumah tangga saat ini kurang lebih sebesar minus 4%.

“Sehingga menjadi kewajiban kita semuanya untuk memperkuat demand. Sehingga konsumsi akan menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Jokowi memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III masih akan minus, sehingga perlu digenjot realisasi belanja di kuartal IV ini.

“Kuartal III mungkin minus 3% lebih sedikit. Dan itu adalah trennya membaik dan trennya positif. Ini yang harus ditekankan kalau ada pengumuman di BPS. Trennya membaik dan positif. Dari minus 5,32% menjadi minus 3 koma sekian,” pungkasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini