Vaksin Pfizer Berkhasiat 90%, Bio Farma Masih Fokus Made in China

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 320 2308682 vaksin-pfizer-berkhasiat-90-bio-farma-masih-fokus-made-in-china-7z2bZ5ELvo.jpg Vaksin (Shutterstock)

JAKARTA - Emiten holding Farmasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Bio Farma (Persero) mencatat hingga saat ini belum memiliki rencana memasukan Pfizer sebagai daftar kandidat vaksin Covid-19 di Indonesia. Itu karena Bio Farma masih fokus pada uji coba klinis dan pengembangan vaksin Sinovac.

"Sampai saat ini Bio Farma belum ada rencana kerjasama kandidat vaksin Covid-19 dengan Pfizer," ujar Head of Corporate Communication Bio Farma Iwan Setiawan saat dihubungi MNC News Portal, Jakarta, Kamis (12/11/2020).

 Baca juga: Sediakan Vaksin, Sri Mulyani Bakal Kucurkan Rp2 Triliun ke Bio Farma

Vaksin Pfizer merupakan produk kerja sama antara perusahaan farmasi Amerika Serikat (AS) Pfizer dan BioNTech yang berasal dari Jerman. Di mana, vaksin Pfizer diklaim memiliki hasil sangat efektif hingga 90 persen dalam mencegah Covid-19. Meski begitu, Iwan menyebut, Pfizer merupakan vaksin messenger RNA (mRNA). Menurutnya, imunisasi vaksin mRNA belum pernah dilakukan di dalam negeri sebelumnya.

Dalam kesempatan yang terpisah, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, pemerintah membuka peluang untuk membeli vaksin Covid-19 buatan BioNtech-Pfizer tersebut. Namun demikian, pemerintah tetap mengedepankan vaksin Sinovac dan Sinopharm buatan Tiongkok maupun G42.

 Baca juga: 8 Fakta Bio Farma Produksi Vaksin Corona-19, Nomor 3 Bikin Harum Nama Indonesia

"Yang pasti ya orientasi pertamanya Sinovac dan Sinopharm ya. Tidak menutup kemungkinan," ujar Moeldoko.

Moeldoko pun tidak menanggapi terlalu jahu vaksin Pfizer yang disebut-sebut memiliki khasiat hingga 90 persen terhadap Covid-19.

"Saya pikir untuk vaksin saya tidak bisa memberikan penjelasan lebih jauh karena sudah ada yang menangani khusus. Mohon maaf untuk itu biar satu pintu saja akan lebih bagus," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini