Andai Akhir Tahun Dapat Bonus, Sebaiknya Alokasikan untuk Ini

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 622 2309162 andai-akhir-tahun-dapat-bonus-sebaiknya-alokasikan-untuk-ini-MwDqi3VKVB.jpg Tips Mengatur Keuangan. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Jelang akhir tahun, para karyawan kerap menanti-nanti sebuah kabar, yakni bonus di penghujung tahun. Vitamin itu pun dinilai memotivasi pegawai untuk bekerja lebih baik lagi dan agar keuntungan perusahaan kian bertambah.

Lalu, apa yang harus dilakukan bila tahun ini mendapatkan bonus akhir tahun?

Menurut Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho, pekerja harus memprioritaskan penggunaanya untuk hal-hal yang penting.

Baca Juga: Kalap Waktu Harbolnas, Begini Siasat Keuangan Supaya Cukup Sampai Gajian Nanti

"Bila nanti di akhir tahun mendapatkan bonus, maka bonus itu sebaiknya diprioritaskan penggunaanya," kata Andy kepada Okezone, Jumat (13/11/2020).

Salah satu contohnya seperti melunasi atau mengurangi utang yang dimiliki. Bila ternyata utang yang dimiliki terlalu besar untuk langsung dilunasi, bisa dengan mengurangi pokok utangnya dulu.

Baca Juga: Keuangan Lagi Boncos, Tunda Dulu Liburan dan Belanja

"Hal ini bertujuan agar kita tidak terbebani dengan dengan utang dan bunga atau cicilan bila ada," ujarnya.

Selain itu, bisa juga dimasukkan ke dalam dana darurat dan tabungan. Kemudian, bisa diinvestasikan, sehingga untuk jangka panjang bisa menikmati pertumbuhan nilai investasi.

Selanjutnya, bagi yang ingin berbisni, maka bisa memanfaatkan dana segar itu untuk modal usaha. Sehingga, Anda tak harus berutang jika ingin mendapatkan uang dalam membuka usaha.

Terakhir, bisa juga untuk bersenang-senang. Hal ini sebagai upaya memanfaatkan hasil jerih payah Anda ketika bekerja selama setahun penuh.

"Pembagian proporsi bonus tahunan tadi untuk berbagai kebutuhan tadi bisa masing-masing kebutuhan 20%, atau disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini